Survei Indikator Politik Sebut Pemilih Anies-Muhaimin Dukung Syaikhu-Ilham di Pilgub Jabar

Jogregan  
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi (kanan). (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei peta elektoral terkini di Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar), Kamis (12/9/2024). Salah satu point dari survei itu menyebutkan, terdapat kecenderungan pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tercepah ke dua pasangan calon (paslon) di Pilgub Jabar.

Peneliti utama Indikator Hendro Prasetyo mengatakan, mayoritas pemilih Anies-Muhaimin sementara ini mendukung Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan di Pilgub Jabar, yaitu sekitar 50,9 persen. Namun, jumlah pemilih Anies-Muhaimin yang mendukung Ahmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie juga cukup tinggi, yaitu 37,1 persen.

"Kita lihat di situ, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nah ini pasangan yang lalu, mayoritas itu ke Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan, pilihannya saat ini. Meskipun demikian, mereka yang memilih Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie itu juga besar, 37,1 persen," kata dia dalam pemaparan temuan survei Peta Elektoral Terkini Pilkada Jawa Barat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sementara basis pemilih Anies-Muhaimin yang mendukung Acep Adang Ruhiat-Gitalis Dwi Natarina hanya sekitar 2 persen. Sedangkan yang mendukung Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja hanya sekitar 1,8 persen.

Dikatakan Hendro, basis pemilih Anies-Muhaimin merupakan yang masih terbelah di Pilgub Jabar, dibandingkan basis pemilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Artinya, mayoritas pendukung Anies belum mendukung PKS, yang mengusung Syaikhu-Ilham.

"Kalau kita lihat pola seperti ini, untuk sementara paling tidak September ini, basis Pak Prabowo relatif lebih solid ke Dedi. Sementara basis Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar belum mengarah pada full salah satu calonnya. Dedi Mulyadi unggul, tetapi juga Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie sudah mengambil 37 (persen)," ujar dia.

Berdasarkan hasil survei Indikator pada simulasi 4 pasangan, Dedi-Erwan jauh unggul dibanding pasangan lainnya dengan elektabilitas sekitar 77,8 persen. Sementara itu, Syaikhu-Ilham meraih elektabilitas 10,98 persen, Acep-Gitalis 2,24 persen, dan Jeje-Ronal 2,24 persen.

Diketahui, Indikator melakukan survei pada 2-8 September 2024. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image