Yuks Baca Sayyidul Istighfar, Doa Salah Satu Amalan di Bulan Rajab.

Tajug  
Salah satu amalan di bulan rajab adalah membaca doa sayyidul istighfar. (Ilustrasi) (Abdan Syakura/Republika)
Salah satu amalan di bulan rajab adalah membaca doa sayyidul istighfar. (Ilustrasi) (Abdan Syakura/Republika)

Rajab adalah salah satu bulan yang dianggap mulia dalam kalender Islam. Ini adalah bulan damai di mana pertempuran dilarang. Bulan ini juga adalah bulan yang mendahului Sya'ban dan Ramadhan.

Pada suatu saat, Rasulullah SAW bersabada kepada Ali bin Abi Thalib, "Hai Ali, biasakanlah memabca istighfar Rajab. Karena barangsiapa membacanya, meletakan tulisannya di rumah atau harta bendanya, atau membawanya, maka Allah akan menganugerahkan kepadanya pahala 80 ribu nabi, para shiddiqin, malaikat, orang yang mati syahid, orang yang menunaikan haji dan umrah, dan pahala membangun 80 ribu masjid. Dan barangsiapa membacanya sebanyak empat, tiga, atua dua kali saja selama hidupnya, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang semestinya membuatnya masuk neraka."

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW besabda, "Barang siapa membaca istighfar Rajab, maka ia akan dibuatkan 80 kampung di rusga, setiap kampung terdiri dari 80 wilayah, setiap wilayah terdiri dari 80 rumah, dalam setiap rumah terdapat 80 ranjang, dan pada setiap ranjang itu terdapat 80 bantal, dan di atas setiap bantal menunggu 80 bidadari."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dari kedua riwayat itu, kita tahu betapa besar pahal orang yang membaca istighfar ini. Oleh karena itu, sangat dianjurkan membaca istighfar ini sesering mungkin.

Ketika datang bulan Rajab, Nabi Muhammad SAW juga biasa berdoa:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma barik lana fi rajaba wasya‘bana waballighna ramadlana

Artinya: "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan."

Bulan Rajab atau bulan ketujuh dalam penanggalan hijriyah menjadi satu momen penting dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, yang oleh Rasulullah SAW memang sudah dinantikan dua bulan sebelumnya, yakni sejak bulan Rajab dan Sya'ban.

Keutamaan bulan ini juga diperkuat dengan sabda Nabi Muhammad SAW, "Rajab adalah bulan Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadhan bulan umatku."

Karena itu, pada bulan Rajab, umat Islam disunnahkan untuk berpuasa selama beberapa hari. Selain itu, umat islam juga dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan yang diajarkan para Kiai, dan Ulama terdahulu.

Salah satu amalan di bulan rajab adalah membaca doa sayyidul istighfar, yang dianjurkan membaca sesering mungkin setiap pagi dan sore di bulan Rajab. Doa ini menjadi 'raja' dari semua doa yang dipanjatkan untuk memohon ampun kepada Allah SWT.

Memohon ampunan atas segala berbuatan dosa baik yang dilakukan dalam keadaan sengaja atau tidak disengaja.

Berikut bacaan doa sayyidul istighfar:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtnii wa anna 'abduka wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika. mastatha'tu a'uudzu bika min syarri maa shana'tu abuu u laka bini' matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: "Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji-Mu. Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

Semoga Allah SWT mengabulkan doa yang kita panjatkan, aamiinnn. N Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image