Proyek TA Kilang Balongan Serap 14 Ribu Tenaga Kerja

Bisnis  
Sejumlah pekerja pada proyek turn around (TA) kilang Pertamina RU VI Balongan tengah mengawal peralatan yang dibutuhkan kilang. (Istimewa)
Sejumlah pekerja pada proyek turn around (TA) kilang Pertamina RU VI Balongan tengah mengawal peralatan yang dibutuhkan kilang. (Istimewa)

INDRAMAYU -- Kilang RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jabar, melaksanakan maintenance besar dengan rentang waktu selama 45 hari kalender. Sedikitnya, dibutuhkan 14 ribu tenaga kerja baik nasional maupun tenaga asing.

"Untuk penggunaan tenaga kerja, Pertamina melibatkan tenaga kerja lokal baik indramayu maupun dari luar Indramayu. Pada puncaknya, akan mencapai 14 ribu orang," kata Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI Refinery Unit VI Balongan Imam Rismanto yang dihubungi matapantura.republika.co.id, kemarin.

"Sedangkan untuk penggunaan tenaga kerja asing ada beberapa orang. Dan itu, merupakan tenaga ahli dari manufacture pabrik sebagai supervisi, untuk keamanan berkordinasi dengan instansi terkait," ucapnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dikatakan Imam, proyek TA Kilang RU VI Balongan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kehandalan kilang seperti posisi semula. Selain itu, pekerjaan ini pun untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan produksi hingga 150 baral per Hari.

Disampaikan Imam, beberapa pekerjaan pada turn around kilang Pertamina Balongan ini adalah Proyek Strategis Nasional (PSN). Di antaranya pekerjaan Refinery Development Master Plan (RDMP yakni Upgrading Unit CDU (Crude Destillation Unit) yang bertujuan menaikkan kapasitas pengolahan Kilang dari 125 ribu barel/hari, menjadi 150 ribu barel/hari.

"Tak hanya itu, PSN lainnya yakni Revitalisasi Unit RCC (Residue Catalytic Cracking) dengan melakukan penggantian Orifice Chamber dan Reaktor," kata Imam

Asda II Indramayu Maman Kostaman menyampaikan, terima kasih atas diberikanya kesempatan pada tenaga kerja Indramayu dalam pengerjaan proyek TA tersebu. Namun, dia juga berharap, Pertamina juga bisa turut memperhatikan kondisi jalan dan kondisi masyarakat sekitar yang akan terdampak pembangunan proyek kilang Balongan.

“Pekerjaan turn around ini merupakan pekerjaan objek strategis nasional. Di sana dilakukan bermacam kegiatan yang berkaitan dengan bagaimana keberlangsungan energi ini bisa terus dilaksanakan,” kata Maman. Dia berharap, turn around ini bisa dilaksanakan dengan lancar. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image