Sya'ban, Bulan Persiapan dan Pelatihan Ummat Muslim Menjelang Ramadhan

Tajug  
Buka besama puasa sunna menjelang bulan suci Ramadhan 2022. (Dok. Republika)
Buka besama puasa sunna menjelang bulan suci Ramadhan 2022. (Dok. Republika)

Bulan Sya’ban merupakan bulan kedelapan dalam kalender Hijriah Islam. Bulan Sya’ban adalah bulan istimewa dan termasuk salah satu bulan yang dimuliakan Allah. Pasalnya, pada bulan Sya’ban ini, amalan-amalan manusia diangkat ke langit.

Diriwayatkan oleh Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu, ia mengatakan, “Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, saya tidak melihat Engkau berpuasa di suatu bulan seperti engkau berpuasa di bulan Sya’ban.”

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, yang artinya: “Bulan itu, banyak yang lalai, yaitu (bulan) antara Rajab dan Ramadhan, bulan diangkatnya amal-amal kepada Rabb semesta alam, dan aku ingin amalku diangkat dalam keadaan aku sedang berpuasa.”

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dewan Pakar PB Wanita Al Irsyad, Sofiah Balfas, seperti dikutip dari Republika.co.id, mengatakan, bulan Sya’ban merupakan bulan yang tepat berada pada posisi sebelum bulan Ramadhan yang mulia dan suci. Wajar, bila Sya’ban adalah bulan persiapan untuk sesuatu event yang istimewa, suci dan mulia, yaitu bulan Ramadhan.

"Marilah kita pikirkan, jika kita akan mengadakan acara yang istimewa, apa yang anda lakukan?," ujarnya.

Pastinya, kita akan membuat persiapan yang cukup matang agar acaranya berlangsung sukses. Pertanyaannya, lantas bagaimana persiapan kita untuk Ramadhan yang waktunya sudah di depan?

Hampir semua umat muslim di negeri kita ini selalu mempersiapkan banyak hal untuk Ramadhan, terutama persiapan makanan yang akan dikonsumsi selama Ramadhan. Sebenarnya hal ini tidak salah, tapi seharusnya banyak hal penting yang terlupakan, terutama kesiapan fisik dan mental kita menghadapi Ramadhan agar kita mendapatkan apa yang Allah telah janjikan bagi orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Untuk orang-orang yang mengutamakan dan mengharapkan keutamaan dari bulan Ramadhan, tentunya anda harus sudah bersiap-siap sejak beberapa bulan sebelumnya dan bulan Sya’ban adalah gladi resiknya.

Apa yang dilakukan Rasulullah dengan banyak berpuasa di bulan Sya’ban, adalah merupakan hal yang semestinya dicontoh oleh ummat Islam agar dapat mempersiapkan fisik dan mental untuk menyambut bulan Ramadhan.

Memulai berpuasa di bulan Sya’ban, merupakan latihan dan gladi resik menyambut puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Sehingga ketika memasuki Ramadhan, persiapan kita sudah cukup dan tubuh terbiasa dengan kondisi berpuasa, sehingga puasa bukan merupakan hal yang memberatkan.

Puasa di bulan Sya'ban bagi sebagian orang merupakan hal yang berat. Ini karena tubuh tidak dikondisikan untuk berpuasa.

Namun, percayalah Allah SWT mewajibkan kita berpuasa di Bulan Ramadhan tentunya ada banyak kebaikan di dalamnya, seperti dijelaskan pada akhir ayat 184 surat Al-Baqoroh, “Puasa itu baik bagimu jika kamu mengetahui”.

Menurutnya, jika kita mempelajari manfaat puasa bagi tubuh seorang, maka kita dapat menghilangkan mitos-mitos seputar puasa yang tidak berdasar dan sangat merugikan.

Mitos-mitos ini membuat banyak orang pada umumnya mengartikan bahwa puasa membuat anda kelaparan, mengantuk, lemas, menimbulkan sakit maag, bahkan ada yang mengartikan puasa menurunkan imunitas. Ilmuwan-ilmuwan sejak dulu, seperti Ibnu Sina, Hipocrates sampai ke ilmuwan saat ini, sudah membuktikan bahwa: kalau Anda ingin sehat, maka puasalah solusinya.

Hal ini saya sudah saya buktikan sendiri, Allah menyembuhkan penyakit yang sudah puluhan tahun saya derita melalui puasa.

Memperbanyak puasa di bulan Sya’ban sangat membantu badan dan hati untuk lebih siap menyambut Ramadhan. Bagaimana dengan persiapan kita untuk menyambut Ramadhan? Apakah anda sudah menyiapkannya dari sekarang? Bahkan mungkin banyak yang sudah menyiapkan sejak setahun lalu. Marilah mulai sekarang kita kondisikan diri kita untuk siap melaksanakan gladi resik menyambut Ramadhan.

Bukan hanya siap untuk berpuasa tapi kita siap dan terbiasa melaksanakan semua amalan yang dicontohkan Rasulullah di bulan Sya’ban dan Ramadhan sehingga kesempatan emas yang belum tentu kita dapatkan di tahun depan, dapat kita raih dan puncaknya Allah selamatkan kita dari api neraka. n

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image