Total Pekerja Major TA Kilang Balongan Masuk Rekor MURI

Jogregan  
General Manager PT KPI Refinery Unit VI Balongan Diandoro Arifian - (ist)
General Manager PT KPI Refinery Unit VI Balongan Diandoro Arifian - (ist)

INDRAMAYU -- Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Rafinery Unit Balongan resmi menggelar kegiatan pemeliharaan kilang dengan skala tenaga kerja terbesar di awal Maret 2022. Kegiatan pemeliharaan kilang yang menyerap hampir 15 ribu orang pekerja tersebut didapuk Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai salah satu kegiatan pemeliharaan kilang dengan serapan tenaga kerja terbesar tahun 2022.

General Manager (GM) PT KPI RU VI Balongan Indramayu Diandoro Arifian menjelaskan, major TA Tahun 2022 untuk melakukan perbaikan peralatan agar dapat beroperasi sesuai dengan design seperti melaksanakan program rejuvenate atau peremajaan kembali dan meningkatkan kapasitas produksi untuk mencapai visi misi dan target kinerja perusahaan.

“Major TA akan dilaksanakan selama 45 hari dimulai pada 7 Maret 2022 sampai dengan 21 April 2022, lingkup pekerjaan dalam Major TA ini meliputi perbaikan atau maintenance seluruh unit. Jumlah total pekerja Major TA ini sebanyak 14.699 orang yang terdiri dari pekerja lokal Indramayu sekitar 68%, pekerja dari luar Indramayu berkisar 32 persen,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikeluarkan Humas Pertamina, Selasa (8/3/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Diandoro menerangkan, total pekerja yang besar ini juga sudah tercatat Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Tahun 2022 yang terlah diterima oleh RU VI Balongan pada kegiatan bulan keselamatan dan kesehatan kerja pada Februari lalu.

Selanjutnya, adapun jumlah pekerjaan yang dilaksanakan dalam Major TA Tahun 2022 ini sebanyak 5.281 item, yang memiliki tujuan pula untuk meningkatkan kapasitas produksi RU VI Balongan di event Major TA Tahun 2022 dengan melibatkan Direktorat Infrastruktur pada Project Refinery Development Master Plan (RDMP) RU VI Balongan Fase 1.

“Major TA Tahun 2022 ini memiliki project Refinery Development Master Plan (RDMP) RU VI Balongan Fase 1 yang juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas unit Crude Distillate Upgrading (CDU) dari 125.000 barel perhari menjadi 150.000 barel per hari dan project revitalisasi unit Residue Catalytic Cracking atau (RCC),” paparnya.

Pada Major TA Tahun 2022 akan dilakukan pula pengalihan jalan sementara yaitu Jalan Raya Balongan persis didepan kilang RU VI Balongan Indramayu terhitung mulai tanggal 7 Maret 2022 hingga 21 April 2022 atau kurang lebih selama 45 hari.

Selain itu dalam pelaksanaan Major TA Tahun 2022 mengimplementasikan prosedur kesehatan sesuai dengan pandemi Covid-19 diantaranya penerapan protokol kesehatan (prokes) dan mengikuti vaksinasi serta melakukan cek kesehatan bagi para pekerja. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image