Ada Pemeliharaan Kilang Balongan, Jalan Indramayu – Cirebon Dialihkan. Kemana?

Tips  
Pertamina Balongan. (Dok Humas PT KPI Balongan)
Pertamina Balongan. (Dok Humas PT KPI Balongan)

INDRAMAYU -- PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit Balongan resmi memulai pekerjaan Turn Around atau perawatan skala besar kilang pada awal Maert 2022.

Hal itu membuat jalan raya dari arah Indramayu menuju Cirebon dan sebaliknya, tepatnya di ruas jalan Raya Balongan area kilang, ditutup sementara. Jalan yang ditutup itu mulai perempatan Wisma Jati Kecamatan Balongan hingga Tugu Majakerta.

Untuk itu, selama pekerjaan tersebut berlangsung, dilakukan pengalihan arus lalu lintas sementara mulai 11 Maret 2022 sampai 21 April 2022. Adapun pengalihan itu :

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Arus lalu lintas dari Indramayu menuju Cirebon, bisa melalui Bunderan Mangga langsung menuju Jalan Soekarno Hatta hingga pertigaan Tinumpuk, atau tetap melalui Jalan Raya Balongan kemudian melewati Jalan Sukaurip – Jalan Soekarno Hatta hingga pertigaan Tinumpuk.

2. Arus lalu lintas dari arah Cirebon menuju Indramayu, dari pertigaan Tinumpuk melalui Jalan Soekarno Hatta langsung menuju Bunderan Mangga atau melalui Jalan Sukaurip kemudian kembali ke jalan Raya Balongan menuju kota Indramayu.

‘’Turn Around kali ini adalah yang terbesar sepanjang berdirinya Kilang Balongan, akan banyak mobilitas pekerja dan alat berat. Karena itu, demi keamanan, kelancaran dan keselamatan warga, jalan memang harus ditutup sementara untuk mencegah hal-hal yang tidak diiginkan,’’ kata Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI Refinery Unit VI Balongan, Imam Rismanto.

Imam menjelaskan, Turn Around merupakan pekerjaan besar yang bertujuan untuk perawatan komponen-komponen kilang agar kembali pada performa terbaik.

Beberapa pekerjaan pada Turn Around Kilang Pertamina Balongan itu adalah Proyek Strategis Nasional (PSN). Di antaranya, pekerjaan Refinery Development Master Plan (RDMP yakni Upgrading Unit CDU (Crude Destillation Unit) yang bertujuan menaikkan kapasitas pengolahan Kilang dari 125 ribu barel per hari menjadi 150 ribu barel per hari.

Bukan hanya itu, PSN lainnya yakni Revitalisasi Unit RCC (Residue Catalytic Cracking), dengan melakukan penggantian Orifice Chamber dan Reaktor.

Kegiatan pemeliharaan kilang itu menyerap hampir 15 ribu orang pekerja. Kegiatan itupun didapuk Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai salah satu kegiatan pemeliharaan kilang dengan serapan tenaga kerja terbesar tahun 2022. N lilis sri handayani

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image