Burbacek, Bubur Khas Indramayu Sedap Pedas Menggoda

Kuliner  
Burbacek. (Lilis Sri Handayani)
Burbacek. (Lilis Sri Handayani)

INDRAMAYU – Kabupaten Indramayu memiliki beragam kuliner khas dengan rasa yang menggoda. Salah satunya adalah burbacek.

Burbacek kependekan dari bubur, rumbah, cecek. Sesuai namanya, bubur itu memang dilengkapi dengan rumbah dan cecek.

Rumbah merupakan makanan yang terdiri dari kangkung, tauge, semanggen, kacang panjang dan sayuran lainnya yang direbus. Setelah itu, rebusan sayuran yang sudah ditiriskam diberi sambal terasi atau sambal kacang sehingga rumbah mirip dengan lotek atau gado-gado.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, khusus untuk sajian burbacek, rumbah yang dicampurkan ke dalam bubur biasanya hanya berupa kangkung dan tauge yang direbus. Kemudian diberi sambal kacang.

Sedangkan cecek merupakan makanan berupa kikil sapi yang dimasak dengan parutan kelapa dan bumbu, terutama cabai merah.

Bubur untuk burbacek pun bukan sekedar bubur biasa. Melainkan bubur yang diberi udang yang sudah diberi bumbu. Karenanya, rasa bubur terasa gurih dan sedap.

Dalam keadaan hangat, burbacek sangat nikmat disantap dengan tambahan kecap dan kerupuk udang. Rasa gurih dari buburnya akan berpadu pas dengan rumbah yang pedas dan cecek yang sedap.

Namun, bagi mereka yang tidak menyukai pedas, maka penggunaan sambal kacang pada rumbahnya bisa dikurangi. Hal itu sesuai selera masing-masing.

Dengan kelezatan rasanya itu, belum lengkap rasanya jika jalan-jalan ke Indramayu tapi belum mencoba burbacek. Sedangkan bagi mereka yang pernah merasakannya, akan ketagihan untuk kembali datang ke Kabupaten Indramayu dan menyantap burbacek. N lilis sri handayani

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image