Bazar Kampung Ramadhan Desa Cangkingan, Ini Menu yang Dijual

Jogregan  
Bupati Indramayu Nina Agustina mengunjungi Bazar Kampung Ramadhan Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder. (Diskominfom Indramayu)
Bupati Indramayu Nina Agustina mengunjungi Bazar Kampung Ramadhan Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder. (Diskominfom Indramayu)

INDRAMAYU -- Masyarakat Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu memiliki cara tersendiri dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Salah satunya dengan menggelar Bazar Kampung Ramadhan yang menyajikan sejumlah menu khas berbuka puasa ala kuliner Indramayu.

Keberadaan bazar kampung ramadhan ini di-launching oleh Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Indramayu Maman Kostaman dan sejumlah kepala perangkat daerah, di halaman Kantor Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu.

Ragam macam olahan makanan khas Indramayu dan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tersaji untuk memanjakan para pengunjung untuk berbelanja dan pastinya sebagai menu berbuka puasa nanti.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Misalnya, rujak, terasi bawang (siwang), aneka kolak, aneka bubur, pepes ayam, dan makanan lainnya yang diolah tanpa minyak seperti dimsum. Sementara untuk minuman ada sirup mangga, sirup jeruk dan sirup buah kelapa asli olahan masyarakat setempat.

Nina mengatakan, setiap memasuki bulan Ramadhan, kebutuhan bahan pokok dan barang lainnya meningkat tajam. Ditambah lagi kelangkaan dan mahalnya minyak goreng menjadi permasalahan masyarakat saat ini

Akan tetapi, ujar Nina, Pemkab Indramayu melakukan terobosan guna memberikan solusi kepada masyarakat dengan mengadakan Festival Kuliner Olahan Makanan Tanpa Minyak Goreng yang telah dilaksanakan di Pendopo Indramayu pada 1/4/2022 yang lalu.

Menurutnya, kegiatan Bazar Kampung Ramadhan menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mengkampanyekan makanan tanpa minyak goreng. Selain itu, ujarnya, mengangkat kuliner khas Indramayu agar bisa naik kelas dan dicintai oleh masyarakat setempat.

“Salah satu contohnya di Bazar Kampung Ramadhan, ada dimsum yang diolah dengan cara di kukus. Ini membuktikan kuliner kita mampu tanpa minyak goreng. Kita bisa kreasi dan juga mengadakan bazar,” katanya seperti dikutip dari laman Diskominfo Indramayu, Selasa (5/4/2022).

Dalam Bazar Kampung Ramadhan ini Bupati Nina juga mengapresiasi Pemerintah Kecamatan Kedokanbunder dan Kepala Desa Cangkingan yang telah menginisiasi kegiatan ini dan patut dicontoh untuk desa lainnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Cangkingan Didi Wahyudi menyampaikan, Bazar Kampung Ramadhan ini hasil kolaborasi antara Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu serta Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Indramayu yang telah memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat menjadi enterpreneur baik tata boga, tata rias dan lainnya. “Alhamdulillah banyak manfaatnya untuk masyarakat,” ujar Didi.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image