Stasiun Cirebon Prujakan Layani Pengiriman Motor Gratis, Cek Cara dan Syaratnya

Bisnis  
(Dok Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)
(Dok Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)

CIREBON – Program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) Kembali digelar oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan RI pada arus mudik lebaran tahun ini. Selama dua tahun terakhir, program itu tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19.

''Waktu pelaksanaan angkutan Motis mulai 26 April – 9 Mei 2022,'' ujar Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, Kamis (21/4).

Suprapto menyebutkan, angkutan Motis itu melayani berbagai rute dengan perjalanan pulang pergi (PP) dan tersedia di dua jalur. Yaitu, Lintas Utara dan Lintas Selatan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk Lintas Utara, dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang/ pp.

Sedangkan untuk Lintas Selatan, dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, dan berakhir di Stasiun Purwosari/ pp.

''Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan pengiriman motor gratis, dapat mendaftar, baik secara online dengan mengakses link bit.ly/motis2022, atau dapat langsung mengunjungi pos layanan pendaftaran Motis di stasiun yang ditunjuk, salah satunya di Stasiun Cirebon Prujakan,'' terang Suprapto.

Menurut Suprapto, KAI Logistik menerima pendaftaran angkutan Motis mulai Kamis (21/4), hingga 8 Mei 2022 dengan menyesuaikan ketersediaan kuota.

Stasiun Cirebon Prujakan layani pengiriman motor gratis selama masa angkutan lebaran. (Dok Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)
Stasiun Cirebon Prujakan layani pengiriman motor gratis selama masa angkutan lebaran. (Dok Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)

Adapun persyaratan dan ketentuan yang harus diperhatikan oleh masyarakat yang ingin mengikuti program pengiriman motor gratis pada masa Lebaran 2022 ini adalah :

1). Peserta merupakan penumpang yang akan melakukan mudik dan memiliki tiket KA/Bus/Travel

2). Peserta mendaftarkan diri baik secara online maupun mengunjungi stasiun serta mengisi data dan mengunggah dokumen berupa STNK, KTP dan Tiket

3). Tanggal pendaftaran 20 April - 8 Mei 2022 dengan menyesuaikan ketersediaan kuota

4). Melakukan registrasi ulang saat penyerahan motor pada H-1 sebelum keberangkatan dengan ketentuan sebagai berikut:

Waktu operasional: 08.00 – 16.00 WIB

Tidak mengikutkan kaca spion dan aksesoris motor saat pengiriman

Pemudik diperbolehkan menyertakan helm dengan menyimpan di bagasi/ruang penyimpanan motor)

Wajib menunjukkan KTP, Tiket Mudik, SIM dan STNK yang masih berlaku.

Menyerahkan foto kopi STNK dan KTP.

5). Bagi peserta yang tidak melakukan pendaftaran ulang (penyerahan motor), maka pendaftaran akan batal secara otomatis

6). Pengambilan kendaraan motor wajib membawa bukti pengiriman Bukti Tanda Terima (BTT), Tiket, KTP dan STNK asli.

7). Bila pengambilan lebih dari H+1, maka kendaraan akan dititipkan di tempat parkir stasiun tujuan dengan biaya dibebankan kepada pemilik kendaraan.

8). Menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi

9). Berlaku untuk motor maksimal 200 CC

Persyaratan teknis lainnya yang harus diperhatikan adalah :

1) Kaca spion harus dilepas.

2) BBM wajib dikosongkan pada saat pengiriman.

3) Tidak diperkenankan menambah aksesoris motor.

4) Motor dilengkapi dengan standar tengah.

5) Motor dilengkapi pegangan bagian belakang (behel) motor.

6) Kunci motor dibawa oleh pemudik selama proses pengiriman.

7) Motor tidak dalam kondisi stang terkunci.

Dalam angkutan Motis itu, Pemerintah menyediakan kuota harian sejumlah 928 unit motor yang diangkut menggunakan dua kereta api dengan rangkaian masing-masing delapan gerbong bagasi (Gerbong B). Hal itu akan berjalan setiap hari selama periode arus mudik pada 26 - 30 April 2022 dan dilanjutkan di periode arus balik, pada 5 - 9 Mei 2022.

Selama proses pengiriman, peserta dapat melakukan pelacakan secara mandiri melalui aplikasi KAI Access maupun website kalogistics.co.id, dengan memasukkan nomor resi pengiriman.

Selama penyelenggaraan program, seluruh rangkaian proses angkutan mulai dari penerimaan, pengepakan/packing, pemuatan ke dalam gerbong, pembongkaran dari gerbong hingga penyerahan kepada peserta motis, akan dilayani oleh KAI Logistik selaku pihak penyelenggara yang telah ditunjuk oleh Pemerintah.

''Semoga dengan adanya program pengiriman motor gratis ini, bisa dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat di sekitar wilayah Daop 3 Cirebon, agar pelaksanaan perjalanan mudiknya semakin aman, sehat, nyaman dan lancar,'' tandas Suprapto. N lilis sri handayani

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image