5 Tanda Asli Lailatul Qadr

Tajug  
Jamaah Itikaf di Masjidil Haram pada Ramadhan lalu. - (Anadolu Agenyu)
Jamaah Itikaf di Masjidil Haram pada Ramadhan lalu. - (Anadolu Agenyu)

"Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur'an pada Malam Ketetapan. Dan apa yang bisa membuatmu tahu apa itu Malam Ketetapan? Malam Ketetapan itu lebih baik dari seribu bulan. Para malaikat dan Ruh turun ke dalamnya dengan izin Tuhan mereka untuk setiap masalah. Damai itu sampai terbitnya fajar. (97:1-5)

Surat Al Qadar termasuk dalam urutan ke-97 susunan mushaf Alquran. Surat ini mengandung 5 ayat yang menjelaskan tentang suatu malam yang penuh kemuliaan atau yang kerap disebut dengan Lailatul Qadar. Surat ini diturunkan di kota Mekah, sebab itu tergolong dalam surat Makkiyah.

Dikutip dari aboutislam.net, Ahad (24/4/2022), umat muslim tahu bahwa malam ini lebih baik dari seribu bulan. Lantas apa artinya itu?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Artinya, setiap ibadah yang Anda lakukan malam itu, seolah-olah Anda telah melakukan ibadah itu selama seribu bulan. Misalnya, jika Anda berdoa pada malam itu, seolah-olah Anda berdoa selama seribu bulan!

Inilah sebabnya mengapa banyak Muslim begadang hingga larut malam selama 10 malam terakhir Ramadhan. Dan, mencoba mencari malam ini agar mereka bisa mendapatkan pahala seperti itu.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan Muslim pada malam itu yakni: bacalah Alquran karena Alquran diturunkan pada Malam Ketetapan.

Mereka juga sedang istighfar, memohon ampun kepada Allah. Jadi bayangkan, jika Anda meminta pengampunan selama 83 tahun berturut-turut terus menerus!

Menawarkan rakaat sholat tambahan.

Perbanyak do'a dan sebenarnya ada do'a khusus yang diajarkan oleh Nabi Muhammad (saw) kepada istrinya Aisha:

Aisyah berkata: “Wahai utusan Allah. Menurut Anda apa yang harus saya katakan dalam doa saya jika saya datang pada Lailatul Qadar?

Nabi SAW bersanda: Katakanlah: Allahumma innaka afuwwun tuhibbu al afwa fa'fu anni.(Ya Allah Engkau Maha Pemaaf dan menyukai pengampunan, maka ampunilah aku.) (Ibnu Majah)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image