Dinilai Menguntungkan, Apa Itu Pariwisata Cirebon Raya?

Wisata  
Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawatai (kiri). (Dok Diskominfo Kota Cirebon)
Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawatai (kiri). (Dok Diskominfo Kota Cirebon)

CIREBON -- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon mendukung konsep Pariwisata Cirebon Raya. Pasalnya, konsep tersebut akan berdampak luas bagi perekonomian, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

‘’Harus segera terwujud konsep Pariwisata Cirebon Raya. Kami meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon merealisasikannya,’’ kata Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, saat menghadiri Halal Bihalal bersama para pelaku ekonomi kreatif Kota Cirebon, di Gedung Kreatif Center, Gedung Negara, beberapa hari yang lalu.

Pariwisata Cirebon Raya, akan melibatkan pemerintah daerah di Wilayah Ciayumajakuning, yakni Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan. Adapun konsep yang diusung adalah promosi pariwisata unggulan bersama-sama.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

‘’Namanya Pariwisata Cirebon Raya, isinya gabungan pariwisata unggulan di masing-masing daerah,’’ terang Eti.

Eti pun menyarankan, promosi Pariwisata Cirebon Raya harus tersebar di luar Cirebon. Hal itu untuk memudahkan wisatawan guna mengetahui destinasi wisata yang akan dikunjungi.

‘’Promosinya tidak di Cirebon saja, melainkan di Jakarta, Bandung dan kota-kota besar lainnya di Indonesia,’’ tukas Eti.

Eti meyakini, konsep Pariwisata Cirebon Raya akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Dia pun berharap, pelaku ekonomi di Kota Cirebon dapat mengambil peluang tersebut.

‘’Tentunya UMKM akan bangkit dan masyarakat lebih sejahtera,’’ kata Eti.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, menjelaskan, pihaknya telah mengadakan rapat koordinasi dengan kepala perangkat daerah terkait urusan pariwisata di wilayah III Cirebon. Secara prinsip, mereka setuju dengan konsep Pariwisata Cirebon Raya.

‘’Komitmen yang sudah terbangun akan diwujudkan dalam bentuk kerja sama promosi pariwisata,’’ tandas Agus. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image