Berlatih Antisipasi Kebakaran di RSUD Linggarjati Kuningan

Jogregan  
Latihan penanggulangan kebakaran di RSUD Linggarjati Kuningan. (Dok Damkar Kuningan)
Latihan penanggulangan kebakaran di RSUD Linggarjati Kuningan. (Dok Damkar Kuningan)

KUNINGAN – Risiko kebakaran bisa terjadi di manapun, termasuk di rumah sakit. Untuk itu, pihak manajemen RSUD Linggarjati Kuningan bekerja sama dengan UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Pelatihan Pencegahan, Penyelamatan Kebakaran dan Tanggap Darurat Bahaya Kebakaran.

Pelatihan itu digelar di Gedung RSUD Linggarjati Kuningan, Sabtu (21/5/2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh direktur, pejabat struktural, karyawan hingga satpam RSUD Linggarjati Kuningan.

Direktur RSUD Linggarjati Kuningan, Edi Martono, menjelaskan, kegiatan pelatihan itu penting dilakukan agar RSUD Linggarjati memiliki tim internal yang solid dalam menghadapi berbagai kemungkinan, termasuk saat kebakaran. Dia berharap, para pegawainya harus bisa saling menjaga satu sama lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

‘’Selain bisa menyelamatkan jiwa masing-masing, pegawai juga harus bisa menyelamatkan pasien yang sedang dirawat serta aset-aset penting milik rumah sakit,’’ tegas Edi.

Edi menambahkan, kegiatan pelatihan itu juga dilaksanakan sebagai persiapan akreditasi rumah sakit. Dia berharap, dalam proses akreditasi tahun ini, RSUD Linggarjati bisa lulus utama bahkan paripurna, dari tahun sebelumnya lulus madya.

‘’Kami berharap RSUD Linggarjati Kuningan menjadi rule of model bagi rumah sakit lainnya, dengan diprosesnya serifikat laik fungsi (SLF) Sistem Proteksi Kebakaran untuk Bangunan Gedung, yang memang jarang dimiliki oleh rumah sakit lainnya di Kabupaten Kuningan,’’ kata Edi.

Sementara itu, Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, dalam kesempatan itu, memberikan materi pengenalan sistem manajemen keselamatan kerja dan proses evakuasi/pertolongan pertama pada kecelakaan kebakaran, orang pingsan secara mandiri. Selain itu, pengenalan dasar cara evakuasi binatang berbahaya, salah satunya ular.

Jajaran manajemen dan pegawai RS juga dikenalkan dan dilatih menggunakan sistem proteksi kebakaran berupa APAR (Alat Pemadam Api Ringan) secara perseorangan dan kelompok. Mereka pun diberi kesempatan untuk menggunakan slang pemancar air dari kendaraan randis Damkar bertekanan tinggi.

Latihan penanggulangan kebakaran di RSUD Linggarjati Kuningan. (Dok Damkar Kuningan)
Latihan penanggulangan kebakaran di RSUD Linggarjati Kuningan. (Dok Damkar Kuningan)

‘’Setelah mengikuti pelatihan ini, seluruh pegawai di lingkungan RSUD Linggarjati Kuningan secara umum sudah menguasai penggunaan APAR, serta mengetahui dan menguasai teknik pertolongan pertama saat terjadi potensi bahaya kebakaran,’’ kata Khadafi.

Khadafi menambahkan, Tim Keselamatan Kerja (K3) di lingkungan kerja RSUD Linggarjati Kuningan juga sudah terbentuk, dengan proses peningkatan alur yang lebih terintegrasi serta terstruktur. (Lilis Sri Handayani)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image