Warga Curiga Lihat Karung Depan Rumah, Isinya Ternyata Ular Piton

Jogregan  
Petugas Damkar evakuasi ular sanca kembang (piton) dari depan rumah warga. (Dok Damkar Kabupaten Kuningan)
Petugas Damkar evakuasi ular sanca kembang (piton) dari depan rumah warga. (Dok Damkar Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN – Seorang warga menemukan karung yang berisi seekor ular sanca kembang atau piton. Karung tersebut tergeletak di depan rumahnya di Dusun Sawah Rangru RT 07 RW 03 Desa Linggamekar, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jumat (26/8/2022).

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, menjelaskan, berdasarkan informasi dari pemilik rumah, Iko Yosasih (20), karung tersebut tergeletak di depan rumahnya, yang persis berada di pinggir jalan Desa Linggamekar.

Iko yang merasa curiga kemudian memberanikan diri untuk menyentuh dan membuka ikatan karung tersebut. Saat itulah dia melihat seekor ular sanca, di dalam karung dan masih dalam keadaan hidup.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

''Diduga, ada yang sengaja membuang ular tersebut,'' kata Khadafi, Sabtu (27/8/2022).

Iko kemudian melaporkan temuan ular tersebut ke kantor UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan. Petugas pun datang untuk mengevakuasi ular itu.

''Bila dibiarkan/tidak dievakuasi, dikhawatirkan akan membahayakan dan mengganggu warga sekitar,'' kata Khadafi.

Khadafi menambahkan, ular sanca merupakan binatang yang dilindungi. Karena itu, perlu diselamatkan agar tidak dibunuh oleh warga.

Khadafi menyatakan, apabila masyarakat ada yang berminat untuk memeliharanya, maka bisa menghubungi Kantor UPT Pemadam Kebakaran. Jika tidak ada yang akan memelihara, maka UPT Pemadam Kebakaran akan melepaskan ke habitatnya di sekitar hutan yang jauh dari tempat tinggal mayarakat. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image