Daop 3 Cirebon Siap Sambut Libur Nataru

Jogregan  
Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Nataru 2023/2024, di halaman Parkir Stasiun Cirebon, Kamis (21/12/2023). (Dok Humas Daop 3 Cirebon)
Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Nataru 2023/2024, di halaman Parkir Stasiun Cirebon, Kamis (21/12/2023). (Dok Humas Daop 3 Cirebon)

CIREBON -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon telah menetapkan masa angkutan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) selama 18 hari, mulai 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

Untuk memastikan kesiapan personelnya, Daop 3 Cirebon pun melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Nataru 2023/2024, di halaman Parkir Stasiun Cirebon, Kamis (21/12/2023).

Vice President Daerah Operasi 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana, menyebutkan, Apel Gelar Pasukan itu diikuti oleh seluruh pekerja Kantor Daop 3, perwakilan dari posko-posko di stasiun dan petugas pengamanan dari unsur internal KAI, yakni Polsuska dan security.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu, apel juga diikuti oleh personel bantuan pengamanan eksternal dari unsur TNI dan Polri, petugas tambahan Customer Service Mobile dan relawan dari Komunitas Pencinta Kereta Api (Railfans) IRPS Korwil Cirebon, Komunitas Edan Sepur Cirebon dan KRD3.

‘’Kegiatan ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan seluruh personel pengamanan angkutan Nataru 2023/2024, yang akan bertugas mulai 21 Desember 2022 hingga 7 Januari 2023,’’ ujar Dicky.

Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa kereta api, KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan personel keamanan yang terdiri dari personel Polsuska 83 orang, personel security 129 orang, dan bantuan eksternal dari TNI-Polri 34 orang.

Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, lingkungan stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya, seperti Dipo lokomotif dan kereta.

‘’Total petugas 246 orang,’’ kata Dicky.

Dicky menyatakan, pada bidang pelayanan pelanggan, PT KAI Daop 3 Cirebon menambah petugas Customer Service Mobile (CSM) untuk melayani para pengguna jasa di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan selama masa angkutan Nataru sebanyak delapan orang.

Selain petugas CSM, ada juga petugas posko bantuan Komunitas Pecinta Kereta Api (Railfans) IRPS Korwil Cirebon, Edan Sepur dan KRD3 sejumlah 38 orang. Mereka bertugas memberikan informasi perjalanan KA di beberapa stasiun yang ramai penumpang.

Sedangkan untuk pelayanan kesehatan, PT KAI Daop 3 Cirebon menempatkan petugas paramedis dan dokter serta ambulans posko di beberapa stasiun besar, seperti Cirebon, Cirebon Prujukan, Jatibarang, Arjawinangun dan Brebes.

‘’Kami juga berkoordinasi dengan pelayanan kesehatan setempat, yakni rumah sakit dan puskesmas sepanjang jalur KA, untuk antisipasi apabila ada penumpang yang mengalami kondisi darurat,’’ tukas Dicky.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image