Ini 8 Langkah Mempersiapkan Ramadhan

Tajug  
Petugas tengah mengamati hilal awal Ramadhan 2024. (Dok. Republika)
Petugas tengah mengamati hilal awal Ramadhan 2024. (Dok. Republika)

INDRAMAYU -- Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa sulit berkonsentrasi saat berdoa? Atau mengapa keimanan Anda sepanjang tahun tidak setinggi saat Ramadhan atau Haji?

Mungkin karena kita biasanya langsung bertakbir dari percakapan telepon atau karena kita hanya mengikuti arus di bulan Ramadhan dan dipengaruhi oleh lingkungan di sekitar kita dan bukan perasaan ‘sebenarnya’ kita sendiri.

Banyak dari kita biasanya menjalani hidup dan iman kita bergantung pada peristiwa besar yang akan datang, misalnya, “Saya akan mulai membaca satu halaman Alquran setiap hari segera setelah Ramadhan dimulai; Saya akan mulai shalat Qiyam setiap malam ketika saya kembali dari haji; atau, saya akan berhenti merokok ketika anak saya lahir.” seperti dikutip dari aboutislam.net, Ahad (10/3/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dan karena cara berpikir seperti ini, biasanya kita berakhir pada antiklimaks: kita tidak berhenti merokok, kita tidak menyelesaikan shalat Qiyam, dan kita tidak mulai membaca Alquran, tetapi kita mendapatkan kembali ke diri normal kita setelah beberapa hari atau minggu.

Hal ini karena 'pernyataan' atau 'perasaan' ini didasarkan pada dorongan hati dan bukan rencana nyata yang telah dipikirkan matang-matang. Kita biasanya tidak mempersiapkan diri untuk Ramadhan atau haji atau mempunyai rencana untuk meningkatkan keimanan kita; kita hanya mengikuti arus dan mengharapkan semuanya terjadi. Ya, ternyata tidak!

Tidakkah Anda ingin memasuki bulan Ramadhan dengan penuh semangat dan merasakan dampak bulan yang indah ini memiliki dampak permanen pada kehidupan Anda setelahnya? Bagaimana hal ini dapat dilakukan?

Di bawah ini adalah 8 langkah untuk mewariskan Ramadhan yakni:

Langkah 1: Buat Hitung Mundur Ramadhan

Menghitung mundur Ramadhan (baik dilakukan secara mental atau dengan menjaga tanda-tanda fisik di sekitar rumah atau kantor) akan membantu menciptakan sensasi dan desas-desus di pikiran Anda dan di antara orang-orang di sekitar Anda.

Saat Anda dan orang lain menghitung mundur ke peristiwa yang sama, hal itu menjadi bagian dari percakapan rutin, dan kegembiraan pun menyebar.

Langkah 2: Carilah Ilmu Tentang Ramadhan

Ini akan membantu Anda memastikan Anda akan melakukan segala sesuatunya dengan benar dan sempurna selama Ramadhan; ini akan menciptakan sensasi karena ada banyak aspek dan acara motivasi di bulan yang dinanti-nantikan; dan akhirnya, itu adalah penuai hadiah.

Semakin banyak Anda mengetahui tentang Ramadhan, semakin banyak pula yang bisa Anda terapkan, sehingga melipatgandakan pahala Anda.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image