Tips Bupati Imron Bagi Calhaj Kabupaten Cirebon Agar tak Tersesat di Tanah Suci

Tajug  
Bupati Cirebon Imron melepas sebanyak 440 calhal Kabupaten Cirebon untuk berangkat ke Tanah Suci. (Dok. Republika)
Bupati Cirebon Imron melepas sebanyak 440 calhal Kabupaten Cirebon untuk berangkat ke Tanah Suci. (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Gelombang pemberangkatan calon jamaah haji (calhaj) melalui embarkasi Kertajati, Kabupaten Majalengka, terus berlangsung. Hari ini, Selasa (14/5/2024), Sebanyak 440 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Cirebon berangkat ke Tanah Suci, Selasa (14/5/2024).

Sebelumnya, para calon tamu Allah itu dilepas keberangkatannya oleh Bupati Cirebon Imron bersama Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon, Asep Saefudin Jazuli, di Asrama Haji Watu Belah Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (13/5/2024). Mereka dilepas menuju Asrama Haji Indramayu Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Imron menyampaikan kepada para calhaj untuk bersyukur karena bisa berangkat haji pada tahun ini. Pasalnya, untuk bisa berangkat haji di Indonesia, harus menunggu antrean panjang hingga 22 tahun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Imron pun berbagi pengalaman agar para jamaah haji tidak tersesat ketika sedang melaksanakan ibadah haji. Dia menilai, tersesat merupakan permasalahan yang paling banyak dialami oleh para jamaah di Tanah Suci.

Imron mengatakan, agar tidak tersesat, maka jamaah haji harus bisa mengetahui tempat penginapannya, baik namanya maupun lokasinya. Dia menyarankan kepada para jamaah haji untuk juga menghafal gedung-gedung yang ada di sekitar penginapannya.

‘’Hal itu cukup membantu kita untuk mencari tempat penginapan,’’ katanya

Menurut Imron, jika jamaah haji bisa menjelaskan tempat penginapannya dengan cukup jelas, maka akan memudahkan para petugas untuk membantu mengantarkan mereka, "Jika tersesat, jangan panik,’’ ucapnya.

Imron mengungkapkan, Pemerintah Indonesia biasanya mendirikan cukup banyak posko untuk membantu para jamaah. Karena itu, jika para jamaah tersesat, mereka disarankan untuk meminta bantuan kepada sekretariat yang ada bendera Indonesianya.

Selain membagikan tips agar tak tersesat, Imron juga mewanti-wanti kepada para calhaj untuk mewaspadai cuaca yang saat ini cukup panas di Arab Saudi. Dia menyarankan, kepada para calhaj untuk lebih sering meminum air putih dan tidak bepergian jika tidak begitu penting.

Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon, Asep Saefudin Jazuli menuturkan, dari 440 calhaj yang berangkat pada hari ini, terdiri dari 432 calhaj dan delapan petugas. "Mereka berangkat dengan satu pesawat," tuturnya. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image