Berharap Masjid Nabawi Ala Indramayu Bisa Segera Terwujud

Tajug  
Masjid Nabawi, Madinah, tampak makin indah dengan sinar lampu yang menyala. Masyarakat Indramayu pun berharap, pembangunan Masjid Nabawi ala Indramayu bisa segera terwujud di area Asrama Haji Indramayu. (Republika/Syahruddin El-Fikri)
Masjid Nabawi, Madinah, tampak makin indah dengan sinar lampu yang menyala. Masyarakat Indramayu pun berharap, pembangunan Masjid Nabawi ala Indramayu bisa segera terwujud di area Asrama Haji Indramayu. (Republika/Syahruddin El-Fikri)

INDRAMAYU – Proses pembangunan masjid di kompleks asrama embarkasi haji di Kabupaten Indramayu, terus dilakukan. Masjid itu disebut bakal menjadi masjid termegah di Jawa Barat dengan arsitektur mirip Masjid Nabawi di Madinah.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Munir Huda, mengatakan, proses pembangunan masjid itu saat ini baru mencapai sekitar 50 persen. Menurutnya, pembangunan masjid itu akan dilaksanakan selama dua periode.

"Pembangunan pertama dilaksanakan tahun 2021, dilanjut tahun 2022 ini," ujar Munir.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Arsitektur masjid tersebut banyak dipengaruhi oleh ide-ide dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Masjid itu dipastikan akan dibangun dengan sangat megah dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Seperti Masjid Nabawi di Madinah.

Pembangunan masjid tersebut menggunakan anggaran dari Pemerintah Pusat melalui Bidang Haji Provinsi Jawa Barat. Masjid tersebut merupakan salah satu fasilitas yang melengkapi asrama embarkasi haji Kabupaten Indramayu, yang pembangunannya juga kini terus dilakukan.

Total luas area asrama haji itu semula mencapai 7,8 hektare. Lokasinya berada di Desa Legok dan Desa Lohbener, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu. Fasilitas yang sudah dibangun di area tersebut yakni gudang, aula, dan gedung. Sementara untuk proses pembangunan yang sedang dilakukan saat ini adalah masjid dan asrama yang kapasitasnya 400 orang.

Di sisi lain, Munir menambahkan, Pemkab Indramayu pun menghibahkan kembali tanah seluas lima hektare untuk perluasan kompleks asrama haji tersebut. Dengan perluasan itu, rencananya akan dibangun rumah sakit, miniatur pesawat terbang dan museum haji. "Jadi, total luas lahannya 12,8 hektare," ujarnya.

Sementara Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Indramayu belum lama ini menyempatkan diri untuk meninjau kompleks asrama embarkasi haji tersebut. Gubernur yang akrab disapa Emil itu memastikan, dibangunnya asrama embarkasi haji di Kabupaten Indramayu sudah menjadi keputusan final dan tepat.

‘’Saya dilobi oleh bupati se-wilayah Ciayumajakuning. Semua minta embarkasi asrama hajinya di wilayahnya. Tetapi sudah saya hitung dan saya istikharahkan mana yang paling afdol. Saya putuskan di Indramayu. Nanti paling megah se-Jawa Barat dan masjidnya saya bantu desain biar luar biasa,’’ cetus Emil.

Emil mengungkapkan, dipilihnya Kabupaten Indramayu sebagai lokasi asrama embarkasi haji karena Kabupaten Indramayu yang paling siap dalam menyediakan lahannya. Dengan luas lahan 12,8 hektare, area tersebut cukup representatif.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat, Abid menerangkan, proses pembangunan asrama haji Kabupaten Indramayu itu dilaksanakan secara bertahap dan diproyeksikan selesai tahun depan. Asrama itu dapat digunakan oleh jamaah haji di Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah.

Asrama haji ini dapat menampung empat kloter. "Insya Allah tahun 2022 bisa ditempati untuk calon haji Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah, seperti Brebes dan Tegal, karena dekat dengan Indramayu," tuturnya.

Kehadiran masjid di Kompleks Asrama Haji Indramayu bakal menjadi ikon baru Jabar. Karena itu, banyak warga berharap agar pembangunan kompleks Asrama Haji Indramayu yang di dalamnya terdapat bangunan masjid mirip Masjid Nabawi ini segera terwujud.

"Suami saya belum bisa berangkat haji karena terkendala pandemi Covid-19. Mudah-mudahan di 2022 ini bisa berangkat melalui embarkasi Haji Indramayu," kata Hj Nining Ratnaningsih kepada matapantura.republika.co.id, Rabu (9/2/2022).

Dia pun berharap, bisa melihat kemegahan Asrama Haji Indramayu, yang di dalamnya terdapat banyak fasilitas. Salah satunya, tempat ibadah shalat Masjid Nabawi. "Kalau sudah jadi, ingin sekali shalat disitu (Masjid Nabawi). Mudah-mudahan suasananya memang mirip Masjid Nabawi di Saudi," ujarnya. N Agus Yulianto

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image