Serupa tapi Tak Sama, Apa Perbedaan Kupu-Kupu dan Ngengat?

Tips  
Kupu-kupu (Dok TNGC)
Kupu-kupu (Dok TNGC)

MATAPANTURA – Serangga yang satu ini sangat mudah dijumpai di taman bunga. Dengan sayapnya yang cantik, serangga tersebut hinggap dari satu bunga ke bunga yang lain. Sekilas, orang akan mengenalinya sebagai kupu-kupu. Namun, yakinkah bahwa serangga yang terbang kesana kemari di taman itu kupu-kupu? Atau jangan-jangan itu adalah ngengat, yang masih sodaraan dengan kupu-kupu.

Yups, kupu-kupu dan ngengat memang serupa tapi sebenarnya tak sama. Meski kedua serangga itu sama-sama masuk ke dalam ordo Lepidoptera, namun ada beberapa ciri yang membedakan satu sama lainnya.

Ngengat. (Dok TNGC)
Ngengat. (Dok TNGC)

Mengutip informasi dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), ini perbedaan dari kedua serangga tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Bentuk tubuh kupu-kupu lebih ramping dan dan lebih panjang dan tidak berbulu. Sedangkan untuk ngengat, bentuk tubuhnya lebih pendek dan berbulu

- Sayap kupu-kupu kebanyakan memiliki warna yang mencolok dan bervariasi. Sedangkan sayap ngengat, lebih didominasi warna yang gelap dan memiliki sedikit variasi corak.

- Antena kupu-kupu berbentuk langsing seperti lidi dan ujungnya membulat. Sementara antena ngengat, bentuknya pendek seperti bulu dan sisir dan ujungnya runcing serta berbulu halus.

- Saat sedang beristirahat, sayap kupu-kupu akan menutup. Sedangkan ngengat, sayapnya akan tetap terbuka.

- Kupu-kupu beraktivitas mencari makan di siang hari (diurnal). Sementara ngengat, beraktivitas pada malam hari (nokturnal).

Nah, dengan mengetahui perbedaan tersebut, kini siapapun akan lebih mudah mengenali mana kupu-kupu dan mana ngengat. Dengan segala ciri khasnya, kedua serangga itu sama-sama menjadi bukti kekuasaan Allah SWT.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image