Menikmati Pesona Linggasana, Si Bungsu Jalur Pendakian Gunung Ciremai

Wisata  
Gunung Ciremai. (Dok BTNGC)
Gunung Ciremai. (Dok BTNGC)

KUNINGAN – Gunung Ciremai, dengan ketinggian puncaknya yang mencapai 3.078 meter diatas permukaan laut (mdpl), selalu menantang para pecinta alam untuk mendakinya. Ada empat jalur pendakian resmi yang bisa dipilih oleh para calon pendaki.

Keempat jalur pendakian itu, yakni jalur Palutungan, Linggajati dan Linggasana di Kabupaten Kuningan serta jalur Apuy di Kabupaten Majalengka.

Dari keempat jalur pendakian tersebut, jalur Linggasana merupakan bungsu. Jalur itu baru diresmikan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) pada 2012. Sedangkan tiga jalur lainnya, sudah ada sejak gunung Ciremai belum menjadi taman nasional.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Meski jadi yang termuda, namun jalur pendakian Linggasana tak kalah mempesona dibandingkan tiga jalur pendakian lainnya.

Mengutip informasi dari Balai TNGC, jalur pendakian Linggasana bisa dikatakan masih 'perawan'. Pasalnya, para pendaki akan melintasi trek normal. Maksudnya, jalur ini tak berupa cekungan yang mirip anak sungai seperti yang terdapat pada jalur-jalur lainnya.

Jalur Linggasana memiliki banyak spot panorama, seperti di Pangbadakan dan Kiara Lawang. Selain itu, di jalur tersebut juga ada beberapa mata air yang mengalir sepanjang tahun.

Sebagai jalur termuda, jalur pendakian Linggasana paling sedikit dikunjungi pendaki. Jalur tersebut bisa diakses melalui Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

Untuk mencapai lokasi tersebut, calon pendaki dari arah Jakarta, Bandung, Surabaya, atau kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dapat menggunakan bus dari Jakarta atau Bandung menuju Cirebon. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menggunakan mini bus atau elf menuju Kuningan dan turun di perempatan Lingggajati.

Alternatif lain dari Jakarta dan Bandung, calon pendaki bisa menggunakan bus langsung menuju Kuningan dan turun di perempatan Linggajati. Dari perempatan itu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan transportasi angkutan umum atau ojek menuju Pos Pendakian Linggasana.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image