Alhamdulillah...Ada Kabar Gembira, Arab Saudi Informasikan Pemberangkatan Jamaah Haji di 2022

Tajug  
Otoritas Saudi mencopot stiker di tanah yang menunjukkan posisi jarak sosial, di Masjidil Haram Makkah, Arab Saudi, pada 6 Maret 2022. Arab Saudi pun memberikan informasi terkait pemberangkatan haji dari luar pada tahun ini. - (Balkis Press/ABACAPRESS.COM)
Otoritas Saudi mencopot stiker di tanah yang menunjukkan posisi jarak sosial, di Masjidil Haram Makkah, Arab Saudi, pada 6 Maret 2022. Arab Saudi pun memberikan informasi terkait pemberangkatan haji dari luar pada tahun ini. - (Balkis Press/ABACAPRESS.COM)

INDRAMAYU -- Ada kabar gembir menyangkut pemberangaktan jamaah haji pada tahun ini. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, belum lama ini memberikan informasih terkait pemberangkatan jamaah haji dari luar Saudi.

Tentu saja, kabar tersebut disambut gembira para calon jamaah haji di Tanah Air. Apalagi, sejak masa pandemi yang terjadi dua tahun lalu, mereka (calon jamaah haji, red) terpaksa menunda impiannya untuk bisa berangkat ke Tanah Suci Makkah.

Kondisi itu pula yang telah juga menyebabkan semakin panjangnya antrian (waiting list) mereka untuk berhaji. Sebab, dari daftar waiting list yang ada di Kabupaten Indramayu, antrian itu sudah mencapai 15 tahunan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Dari jadwalnya, harusnya sudah bisa berangkat pada 2020. Namun, Allah SWT berkehendak lain dengan adanya musibah pandemi Covid-19 ini," kata M Fuadi kepada matapantura.republika.co.id, salah satu calhaj yang dimintai tanggapannya terkait pemberangkatan haji musim 2022 ini, Selasa (22/3/2022).

"Namun, kabar ini (pemberangkatan jamaah haji,red) jelas membuat saya gembira. Mudah-mudahan, bisa terlaksana tahun ini (2022)," katanya menambahkan.

Kabar gembira ini terungkap setelah Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah, Ahad (20/3). Dalam pertemuan itu, Menag menyebut dapat informasi terkait pemberangkatan jamaah haji dari luar Saudi.

"Saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi," ucap Menag dalam keterangan, Senin (21/3).

Dalam pertemuan itu, Menag juga mendiskusikan kemungkinan jumlah kuota haji Indonesia dengan Menteri Haji Arab Saudi. Dia berharap, Indonesia bisa mendapatkan kuota yang ideal seiring dengan banyaknya jamaah yang sudah menunggu dan rindu ke Tanah Suci.

"Saya sampaikan mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal," ujarnya.

Sementara itu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan, terus melakukan persiapan, karena tahun ini akan membuka kesempatan jamaah luar Saudi untuk beribadah haji. Apalagi, saat ini jamaah umrah dari berbagai negara juga sudah ramai berdatangan dan semua berjalan lancar.

Kepastian terkait kuota haji ini ditunggu oleh semua negara pengirim jamaah, tidak hanya Indonesia. Sejumlah menteri agama dari berbagai negara juga telah bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi untuk menanyakan hal yang sama, terkait kuota. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image