Mapag Sri, Ungkapan Syukur Petani Sambut Panen Padi

Budaya  
Tradisi Mapag Sri di Desa/Kecamatan Juntinyuat, 23 Maret 2022. (Istimewa)
Tradisi Mapag Sri di Desa/Kecamatan Juntinyuat, 23 Maret 2022. (Istimewa)

INDRAMAYU – Para petani di Kabupaten Indramayu saat ini sedang mengalami masa panen raya untuk musim tanam rendeng (penghujan) 2021/2022. Hamparan padi yang menguning, dan aktivitas petani di tengah-tengah sawah yang sedang memanen, menjadi pemandangan yang mudah ditemui di berbagai desa di Kabupaten Indramayu.

Sebagai lumbung padi nasional, Kabupaten Indramayu memiliki areal persawahan yang sangat luas. Tak hanya menyumbang produksi padi nasional, berbagai budaya agraris juga lekat dalam kehidupan petani di pesisir pantura Jawa Barat itu.

Beragam tradisi yang berkaitan dengan pertanian pun hadir dan tetap lestari sejak ratusan tahun lalu. Tradisi itu mulai dari menyambut masa tanam hingga menyambut masa panen.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk menyambut masa panen, di Kabupaten Indramayu terdapat tradisi Mapag Sri. Ditilik secara bahasa, Mapag Sri artinya menjemput padi atau suka cita petani dalam menyambut masa panen.

Mapag Sri digelar sebagai ungkapan rasa syukur petani kepada Tuhan Yang Maha Esa karena panen yang diharapkan akan segera tiba. Tak hanya petani, tradisi Mapag Sri juga melibatkan seluruh unsur masyarakat, termasuk aparat desa yang bertindak sebagai panitia acara.

Dalam tradisi Mapag Sri, diisi dengan doa agar hasil panen bisa berlimpah. Selain itu, diadakan pula makan bersama seraya dimeriahkan dengan jenis kesenian tradisional. Seperti tari topeng, sintren ataupun lainnya sebagai hiburan bagi masyarakat.

Tradisi Mapag Sri itu salah satunya seperti yang dilangsungkan di Desa/Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, pada pekan terakhir Maret 2022.

Tradisi Mapag Sri di Desa/Kecamatan Juntinyuat, 23 Maret 2022. (Istimewa)
Tradisi Mapag Sri di Desa/Kecamatan Juntinyuat, 23 Maret 2022. (Istimewa)

Kepala Desa Juntinyuat, Sunarto, mengatakan, tradisi Mapag Sri selalu rutin digelar setiap tahun. Pemerintah desa bersama masyarakat terus berkomitmen dalam melestarikan tradisi yang sudah ada sejak zaman dulu itu.

‘’Ini merupakan ungkapan rasa syukur para petani atas nikmat panen raya yang akan dilaksanakan,’’ tandas Sunarto.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image