Dominan di Jabar, Indramayu Tangkal Penyebaran Penyakit Kusta, Ada 194 Kasus

Jogregan  
Kusta - (7amlha.com)
Kusta - (7amlha.com)

INDRAMAYU -- Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Jawa Barat dalam upaya menangkal penyebaran penyakit kusta kepada masyarakat.

Data dari Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jawa Barat menyebutkan, Indramayu masih mendominasi kasus Kusta di Jawa Barat. Hal ini tercatat 194 kasus serta masih terdapat kasus anak dan cacat sebanyak 19 kasus.

Hal itu terungkap ketika Dinkes Kabupaten Indramayu dan Dinkes Provinsi Jawa Barat mengadakan Sosialisasi Program Eleminasi Penyakit Kusta melalui Kemoprofilaksis (Red: pemberian obat pada kontak Penderita Kusta untuk mencegah penularan Kusta) dan Pelibatan Masyarakat (PEPCOM) yang dilaksanakan di Hotel Wiwi Perkasa II Indramayu, akhir pekan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kerja sama ini akan dilakukan sosialisasi pengertian dan pemahaman terkait penyakit kusta kepada masyarakat mengingat Indramayu tercatat sebagai daerah endemis penyakit kusta di Jawa Barat.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Indramayu Maman Kostaman mengatakan, dalam menangkal penyakit kusta perlu adanya kerja sama yang nyata dan solid melalui program yang disepakati bersama.

Menurut dia, dalam penanganan penyakit Kusta ini, harus di buatkan program yang nyata untuk mengurangi dan mengeliminasi penyakit kusta. Salah satunya, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui peran pemerintah desa dan Puskesmas di wilayahnya masing masing.

Dikatakan Maman, dengan skema langkah-langkah yang konkrit dan upaya kolaborasi dengan stakeholder yang ada, optimis penularan penyakit kusta di wilayah Indramayu bisa di cegah sedini mungkin sampai penularannya di angka zero atau nol.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image