'Ibu Quran', Surat Terpenting dalam Alquran

Tajug  

Ketika kita berbicara tentang permulaan dan pembukaan, kita semua memiliki kebutuhan untuk bergerak maju.

Disebut juga dengan tujuh ayat yang sering diulang-ulang. Nabi Muhammad (SAW) menyebutkan bahwa tanpa menyertakan Al-Fatihah dalam shalat, shalat itu batal dan tidak lengkap. Makanya, kita pelajari dulu.

Jamaah melaksanakan ibadah Shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta. (Republika/Thoudy Badai)
Jamaah melaksanakan ibadah Shalat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta. (Republika/Thoudy Badai)

Apakah kita memperhatikan apa yang kita katakan? Mengapa Allah menetapkan bab ini untuk shalat, yang mencakup seluruh Islam?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang." (Al-Qur'an 1:1)

Para ulama berbeda pendapat, apakah ayat tersebut merupakan ayat tersendiri atau merupakan bagian dari ayat yang terdapat pada setiap surah.

Namun, ketika kita mengatakan: “Bismillah Ar-Rahman Ar-Rahiim”, kita sedang mendorong diri kita sendiri untuk memiliki keikhlasan dan niat baik ketika kita memulai suatu perbuatan baik.

Ar-Rahman Ar-Rahim

Ibnu Abbas menunjukkan bahwa ada perbedaan antara atribut Ar-Rahman dan Ar-Rahim. Kita berkata, “Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”, tapi sebenarnya sulit untuk menerjemahkan “Ar-Rahman dan Ar-Rahim” dari bahasa Arab ke dalam bahasa Inggris karena kata-katanya tidak cocok dan tidak terlihat cukup dalam dalam bahasa Inggris untuk menjadi mampu berbicara tentang “Ar-Rahman dan Ar-Rahim”.

Ibnu Abbas menunjukkan, bahwa suara lembut kata Rahim terdengar sangat bagus dan sangat lembut lebih dari kata Rahman. Ini menunjukkan, lebih banyak implikasi belas kasihan dengan kata "Rahim" daripada "Rahman".

Mari saya jelaskan sedikit lebih detail. Semua ulama telah menyarankan bahwa Ar Rahman meliputi seluruh ciptaan dan Ar Rahim disediakan untuk orang-orang beriman.

Rahmat Allah meliputi semua makhluk, bahkan malaikat Jibril (saw) ketika dia takut bahwa Firaun akan bertobat ketika dia tenggelam, dan mulai mengisi mulut Firaun dengan tanah, tetapi Allah dalam rahmat-Nya yang tak terbatas, akan menerima Rahmat Firaun. tobat. "Dan Dia, bagi orang-orang yang beriman, Maha Penyayang." (33:43). n

Sumber:

https://aboutislam.net/reading-islam/living-islam/the-most-important-chapter-in-quran/

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image