Enam Dzikir Mudah Menyucikan Hati Setiap Hari

Tajug  
Dzikir kepada Allah (ilustrasi). - (blog.science.gc.ca.)
Dzikir kepada Allah (ilustrasi). - (blog.science.gc.ca.)

Penyucian hati adalah proses yang berkelanjutan. Perlu usaha yang konsisten setiap hari. Sama seperti kita terus menerus mencuci pakaian atau membersihkan kamar agar tidak menumpuk kotoran di dalamnya, kita juga perlu secara teratur dan konsisten bekerja untuk menyucikan hati kita.

Misi Nabi Muhammad SAW termasuk membantu kita menyucikan diri. Sebagaimana Allah berfirman: "Sesungguhnya Allah telah menganugerahkan karunia (besar) kepada orang-orang yang beriman ketika Dia mengutus di antara mereka seorang Rasul dari diri mereka sendiri, membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya dan mensucikan mereka dan mengajari mereka Kitab dan kebijaksanaan, meskipun mereka sebelumnya dalam kesesatan yang nyata." (Al-Qur'an 3: 164)

Salah satu hal yang diajarkan Nabi SAW kepada kita adalah bahwa dosa menodai hati kita dan menghilangkan cahayanya. Tapi, ada banyak dzikir (doa) yang diajarkan Nabi SAW kepada kita untuk membantu kita menghapus dosa-dosa kita setiap hari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika Anda memasukkannya ke dalam rutinitas harian Anda, mereka akan membantu Anda membersihkan hati Anda, tetap terhubung kuat dengan Allah SWT dan secara aktif tetap berada di jalan kebenaran.

Dikutip dari aboutislam.net, Kamis (23/6/2022), berikut 6 dzikir harian yang mudah untuk menyucikan hati: Yakni, 1- Membaca Adzkar yang ditentukan setelah shalat. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Dia yang membaca setelah setiap doa: Subhanallah 33 kali; Alhamdulillah 33 kali; Allahu Akbar 33 kali; dan melengkapi seratus dengan La ilaha illallahu, wahdahu la sharika lahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa Huwa 'ala kulli shai'in Qadir

(Tidak ada Tuhan yang benar selain Allah. Dia Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya kekuasaan dan puji-pujian, dan Dia Mahakuasa), diampuni segala dosanya meskipun sebesar buih di permukaan laut. (Muslim)

2- Mengucapkan Doa Adzkar Ini 100 Kali

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa mengucapkan 100 kali dalam sehari kata-kata ini: 'La ilaha illallahu, wahdahu la sharika lahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa Huwa' ala kulli sha'in Qadir."

(Tidak ada Tuhan yang benar selain Allah. Dia adalah Esa dan Dia tidak memiliki sekutu bagi-Nya; milik-Nyalah kekuasaan dan puji-pujian, dan Dia Mahakuasa).

Dia akan mendapatkan pahala yang setara dengan membebaskan sepuluh budak, seratus perbuatan baik akan dicatat untuk kreditnya, ratusan dosanya akan dihapus dari gulungannya, dan dia akan dilindungi dari setan pada hari itu sampai malam; dan tidak ada yang melebihi dia dalam melakukan perbuatan baik yang lebih baik kecuali seseorang yang telah membaca kata-kata ini lebih sering dari dia.

Dan siapa yang mengucapkan: 'Subhan-Allahi wa bihamdihi' 100 kali sehari, dosa-dosanya akan dihapuskan meskipun sebesar buih lautan. (Al-Bukhari dan Muslim)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image