Ziarah ke Makam Leluhur Jadi Agenda Rutin Pemkab Kuningan Sambut Hari Jadi

Tajug  
(Dok Diskominfo Kabupaten Kuningan)
(Dok Diskominfo Kabupaten Kuningan)

KUNINGAN -- Menyambut Hari Jadi ke-524 Kuningan pada 1 September 2022, jajaran Pemerintah Kabupaten Kuningan, DPRD dan unsur Forkopimda, melakukan ziarah ke makam leluhur, Senin (29/8/2022). Kegiatan itu telah menjadi agenda rutin setiap menyambut Hari Jadi Kuningan.

Agenda ziarah ke makam leluhur itu dibagi empat tim. Setiap tim dipimpin langsung bupati Kuningan, wakil bupati Kuningan, ketua DPRD Kuningan dan Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan.

Bupati Kuningan, Acep Purnama, yang memimpin tim I, bersama rombongan melakukan ziarah di tiga titik. Yakni, di Makam Pangeran Aria Kamuning, makam mantan Bupati Kuningan Karli Akbar dan makam Rama Jaksa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tim II yang dipimpin Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda, bersama rombongan melakukan ziarah ke Makam Syekh Muhibat, makam mantan Bupati Kuningan dua periode, Aang Hamid Suganda dan makam mantan Bupati Kuningan, Utje Choeriah Hamid Suganda, serta makam Syech Dako Lengkong.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, bersama rombongan tim III mendatangi dua lokasi, yaitu makam Rama Eyang Weri, dan makam mantan Bupati Kuningan, Subandi.

Sedangkan tim IV yang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Lusiana Amping, bersama rombongan melakukan ziarah di dua makam mantan Bupati Kuningan, Arifin Setiamiharja yang berlokasi di Luragung dan makam Raden Aruman Wirananggapathi di Ciwaru.

Usai melakukan ziarah ke makam leluhur di Kabupaten Kuningan, seluruh tim melanjutkan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati di Cirebon.

Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengatakan, agenda ziarah ke makam leluhur menjadi agenda rutin dilakukan dalam menyambut Hari Jadi Kuningan. Selain tabur bunga, sejumlah peziarah mengikuti tahlil dan memanjatkan doa kepada Allah SWT.

‘’Tentu hal ini bertujuan agar kita senantiasa mengingat jasa-jasa para pendahulu. Perjuangan para leluhur kita yang telah membangun Kabupaten Kuningan. ‘Hana Nguni Hana Mangke, Tan Hana Nguni Tan Hana Mangke’, ada dahulu ada sekarang, tak ada dahulu tak ada sekarang,’’ kata Acep.

Acep berharap, sebagai generasi penerus harus dapat berbuat lebih baik dalam membangun daerah. Sehingga kedepan, kemajuan dan hasil pembangunan daerah dapat dirasakan oleh anak cucu di masa mendatang.

‘’Kita bisa seperti hari ini karena ada kerja keras dan perjuangan dari para pendahulu kita. Inilah sebagai wujud ucapan terima kasih serta penghormatan kepada para pendahulu,’’ tandas Acep. (Lilis Sri Handayani)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image