Hilangkan Ego Sektoral, Polresta Cirebon Bahas Pengamanan Operasi Lilin Lodaya dengan Polres Tetangg

Jogregan  
Pembahasan pengamanan operasi Lilin Lodaya 2023. (Dok Humas Polresta Cirebon) 
Pembahasan pengamanan operasi Lilin Lodaya 2023. (Dok Humas Polresta Cirebon)

CIREBON -- Polresta Cirebon melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan polres tetangga, di Aula Pesat Gatra Mapolresta Cirebon, Kamis (21/12/2023). Di antaranya, Polres Cirebon Kota, Polres Indramayu, dan Polres Majalengka.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, mengatakan, rakor tersebut untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak terkait pengendalian arus kendaraan saat pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya. Operasi itu dilaksanakan mulai 22 Desember 2023 - 2 Januari 2023.

Menurutnya, beberapa langkah dan cara bertindak dalam pengendalian arus kendaraan juga telah disepakati. Pasalnya, langkah tersebut harus diterapkan lintas Kabupaten dan Kota sehingga bisa langsung diterapkan di titik rawan kepadatan arus lalu lintas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

''Kami menyepakati tidak hanya penanganan di jalur tol tapi jalur arteri juga. Sehingga bisa meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan harapan tidak terjadi ego sektoral dalam praktik di lapangan,'' kata Arif.

Arif mengatakan, dalam rakor tersebut juga banyak berdiskusi dengan perwakilan dari Polres sekitar terkait pengalihan dan persiapan di jalur arteri nasional. Sehingga kamseltibcar lantas betul-betul dirasakan masyarakat yang melintasi wilayah Ciayumajakuning.

Pihaknya mengakui rakor tersebut juga membahas rekayasa arus kendaraan pemudik berada dalam satu kendali sistem dan metode yang disepakati. Terutama saat pengamanan arus mudik dan balik Natal serta Tahun Baru 2024.

"Termasuk antisipasi kepadatan arus kendaraan di jalur wisata menuju wilayah Kuningan. Sehingga saat terjadi kepadatan bisa segera diantisipasi agar tidak terjadi penumpukan di jalur tersebut," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image