Cegah Abrasi, Puluhan Pelajar SD Diajak Tanam Pohon

Jogregan  
Puluhan pelajar SD menanam mangrove dan cemaran laut. (Istimewa)
Puluhan pelajar SD menanam mangrove dan cemaran laut. (Istimewa)

INDRAMAYU -- Sedikitnya 30 pelajar SDN Cemara Kulon, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu turut berpartisipasi dalam kegiatan menanam di bantaran sungai Desa Cemara Kulon, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu.

Ada 1.020 bibit pohon mangrove dan cemara laut yang ditanam di lokasi tersebut.

Selain mendapatkan edukasi mengenai pentingnya mangrove bagi kelangsungan ekosistem sungai dan pantai, para pelajar juga diajak mencintai lingkungan sejak usia dini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ribuan bibit pohon itu merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Dalam kegiatan tersebut, para pelajar diajarkan cara menanam bibit mangrove dan cemara laut yang benar. Mereka juga diberikan pemahaman mengenai pentingnya mangrove sebagai pelindung pantai dari abrasi.

Kepala Desa Cemara Kulon, Sudarno mengatakan, penanaman mangrove itu merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan di desa tersebut.

‘’Kami berharap, dengan adanya penanaman mangrove ini, bisa mengurangi abrasi dan pencemaran di sungai,’’ kata Sudarno.

Head of Communication, Relations & CID PHE ONWJ R. Ery Ridwan melalui Community Development Officer PHE ONWJ Hanafi menuturkan, penanaman itu merupakan kolaborasi dan inisiatif perusahaan dengan pemerintah desa.

‘’Pemerintah Desa Cemara Kulon melalui Kelompok Tani Hutan (KTH) sedang mengembangkan program budidaya lebah madu. Bibit pohon yang ditanam diharapkan dapat menjadi vegetasi untuk budidaya lebah madu dan sekaligus memperkuat bantaran sungai. Akar mangrove diharapkan juga dapat berfungsi sebagai semacam tanggul di masa mendatang,’’ kata Hanafi, dalam siaran persnya yang diterima pada Rabu (24/1/2024).

PHE ONWJ berharap, kedepan program budidaya lebah madu itu bisa memberikan manfaat secara ekonomi untuk masyarakat sekitar.

‘’Kami percaya, melalui kegiatan ini, bukan hanya tumbuhnya ribuan pohon, tetapi juga kesadaran lingkungan yang tumbuh bersama generasi muda. Penanaman ini adalah investasi kita untuk masa depan, di mana anak-anak menjadi penjaga ekosistem sungai dan pantai yang berkelanjutan,’’ tuturnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image