Kasus Pembunuhan Vina dan Eky, Menkumham: Jelaskan Terbuka, Tanpa Rekayasa atau Permainan

Jogregan  
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yassona H Laoly memberikan keterangan kepada wartawan. (Dok. Republika) 
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yassona H Laoly memberikan keterangan kepada wartawan. (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Desakan untuk mengungkap kasus pembunuhan sepasang kekasih Vina dan Eky oleh geng motor di Cirebon, Jabar terus mengemuka. Harapannya, agar kasus ini terbuka terang benderang dan terungkap siapa pelaku utamanya.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yassona Laoly pun mendesak Polri menuntaskan kasus kematian Vina dan Eky. Dia meminta, penyelesaian juga harus transparan dan objektif. Jangan ada rekayasa atau permainan.

"Masyarakat menilai banyak kejanggalan sejak awal penanganan di tingkat penyidikan. Ini harus dijelaskan secara terbuka," tutur Yasona Laoli di Sulawesi Selatan, kemarin.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pasalnya, sorotan terhadap kasus kematian Vina dan Eky, tak hanya menjadi perbincangan di kalangan masyarakat Jawa, tapi sudah seluruh Indonesia.

"Kasusnya sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Masyarakat memperhatikan kasus kematian vina dan Eky dan nurani publik mengatakan ada banyak kejanggalan," tutur Yassona Laoly.

Di sela peremian Kantor Kemenkumham Sulawesi Selatan, Yasona Laoly mengungkapan, nurani rakyat Indonesia tergugah dalam kasus kematian Vina dan Eky.

Nurani rakyat Indonesia, tidak saja tergugah ketika Polda Jabar menangkap Pegi Setiawan, namun akhirnya merembet ke penanganan di tahun 2016 lalu.

"Akhrinya banyak kejanggalan terungkap. Kita minta Polri mesti audit dari awal. Jangan sampai orang-orang yang tidak bersalah dipaksakan ditahan," tutur Yasona Laoli.

Yassona Laoly menangkap kecurigaan masyarakat terus meluas berbarengan makin kontroversianya penanganan kasus kematian Vina dan Eky. Polri, kata dia, mesti membuka diri terhadap kritik tajam masyarakat.

"Jangan sampai menjadi preseden buruk, sebab membangun citra itu tidak mudah," ucapnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image