Tajug

Tak Hanya Tahfidz Alquran, SMPIT Al Marwat Juga Unggul Bahasa Inggris dan Arab

CIREBON -- SMPIT Al Marwat Lemahabang, Kabupaten Cirebon telah menasbihkan diri menjadi sekolah yang unggul dari sisi bahasa. Berbagai prestasi di bidang bahasa pun berhasil ditorehkan para siswa di sekolah tersebut.

Kepala SMPIT Al Marwat, Didin Syamsudin, mengatakan, sekolah yang dipimpinnya itu memang berbasis pondok pesantren. Namun, dia juga bertekad untuk menghadirkan program unggulan selain Tahfidz Alquran.

‘’Karena dengan menguasi bahasa dunia (Inggris dan Arab), kami berharap anak-anak bisa menaklukan dunia. Di pun sini kami punya slogan: SMPIT Al Marwat, Sekolahnya Calon Pemimpin Dunia,’’ kata Didin, Senin (28/3/2022)..

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tekad yang dijalankan pengelola sekolah itupun membuahkan hasil. Seperti misalnya, SMPIT Al Marwat baru-baru ini memenangi juara dua lomba berpidato bahasa Inggris (English Speech Contest) dan juara satu lomba membawakan cerita bahasa Inggris (English Storytelling Contest), pada Rabu, 23 Maret 2022.

Lomba Bahasa Inggris itu diadakan oleh SMK Bina Warga Lemahabang dan bekerja sama dengan LEC Solo dengan tema "Encouraging Students Motivation in Practicing English during the Pandemic".

Perlombaan yang diadakan pada pagi hingga siang hari di SMK Bina Warga itu diikuti oleh para peserta didik SMP/MTs sederajat dari wilayah Cirebon Timur.

Findy Meutya Faradilla, peraih juara pertama dalam kategori lomba storytelling membawakan cerita The Little Mermaid asal Denmark karya Hans Christian Andersen.

Sementara, peraih juara dua, Meisa Tri Hamdayani membawakan pidato bertema pendidikan yang menekankan pentingnya semangat literasi bagi para pelajar.

Prestasi itupun bukan kali pertama yang diraih SMPIT Al Marwat dalam bidang bahasa. Sekolah itu juga sering mendapat raihan kemenangan.

Seperti Meisa, yang juga pernah meraih juara satu pidato Bahasa Arab tingkat Kabupaten Cirebon. Serta juara favorit pidato Bahasa Arab tingkat nasional.

‘’Berbagai raihan tersebut merupakan bentuk implementasi dari program unggulan ini (bahasa) yang sukses dilaksanakan,’’ tukas Didin.

Didin menambahkan, untuk menunjang program unggulan bahasa, SMPIT Al Marwat telah memiliki laboratorium bahasa dengan segala kelengkapan yang dibutuhkan. Sarana prasarana tersebut dapat memfasilitasi para siswa yang ingin berprestasi di bidang bahasa maupun bidang lainnya.

‘’Selain menerapkan pendidikan bahasa, kami juga menerapkan pendidikan karakter untuk menunjang minat dan bakat setiap peserta didik agar mampu mengembangkan minat bakatnya,’’ tandas Didin.