Ini Tips Tujuh Asupan Berkarbohidrat untuk Menjaga Tekanan Darah

Tips  

Pekerja membawa buah kurma muda hasil panen di perkebunan Taman Kurma Pelangi, lembah Berbate, Aceh Besar, Aceh.  (Antara/Irwansyah Putra)
Pekerja membawa buah kurma muda hasil panen di perkebunan Taman Kurma Pelangi, lembah Berbate, Aceh Besar, Aceh. (Antara/Irwansyah Putra)

4. Kurma

Selain rasanya yang manis seperti karamel, kurma juga bisa membantu menjaga tekanan darah yang sehat.

Di antara serat potasium dan magnesium yang terkandung di dalamnya, sumber karbohidrat ini juga dikenal baik untuk diet jantung sehat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kurma dapat dinikmati sendiri, atau dapat digunakan dalam banyak resep, seperti kurma isi almond dan brownies kurma vegan.

5. Oat

Biji-bijian utuh, seperti oat (Avena satina), adalah pilihan yang lebih baik di antara keluarga biji-bijian untuk mendukung tekanan darah yang sehat.

Tidak seperti biji-bijian olahan yang biasanya hanya mengandung endosperm, oat memiliki keunggulan nutrisi.

Oat mengandung nutrisi yang lebih berlimpah dan beragam dengan potensi manfaat kesehatan, termasuk lebih banyak serat, vitamin, dan mineral dibandingkan dengan sebagian besar biji-bijian olahan.

Oat mungkin sangat berharga karena mengandung sejenis serat yang disebut beta-glukan.

Makan jenis serat ini telah dikaitkan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah.

6. Blueberry

Menambahkan secangkir blueberry ke dalam diet harian Anda mungkin lebih dari sekadar menawarkan dorongan beraroma tanpa tambahan gula.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journals of Gerontology, makan sekitar 1 cangkir blueberry liar (blueberry yang sedikit lebih kecil yang biasanya ditemukan beku di toko kelontong) setiap hari dapat membantu mengurangi tekanan darah sistolik.

Blueberry mengandung serat, vitamin dan mineral, nutrisi yang dapat membantu mendukung jantung seseorang dan kesehatan secara keseluruhan.

Dan, seperti banyak makanan biru atau ungu alami lainnya, blueberry mengandung anthocyanin, polifenol yang memberi warna warna-warni yang indah pada makanan ini bermanfaat untuk jaga tekanan darah.

7. Jus jeruk

Menyeruput segelas jus jeruk 100 persen dapat melakukan lebih banyak hal untuk Anda daripada sekadar untuk sistem kekebalan.

Jus jeruk murni adalah sumber potasium alami, salah satu mineral yang disorot dalam diet DASH.Buah jeruk mengandung antioksidan yang disebut hesperidin.

Antioksidan ini dapat berperan dalam mendukung kesehatan jantung dengan berbagai cara.

Dalam satu uji coba terkontrol secara acak, orang dengan stadium 1 atau pra-hipertensi yang mengonsumsi 500 mililiter jus jeruk setiap hari selama 12 minggu telah secara signifikan mengurangi tekanan darah sistolik dibandingkan dengan mereka yang minum minuman bebas hesperidin dengan jumlah kalori, vitamin yang sama.

,

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image