11 Istri Nabi Muhammad, Siapakah Mereka?

Tajug  

4- Hafsah binti Umar ibn Al-Khattab (b.605 – d.665 M)

Istri keempat Nabi Muhammad adalah Hafsah, putri salah satu orang kepercayaan terdekat Nabi Muhammad SAW, Umar bin Al-Khattab. Pernikahan mereka adalah aliansi politik yang cerdik. Hafsah telah menikah pada usia muda dan berpartisipasi dalam migrasi ke Abyssinia dan Medina. Sayangnya dia menjanda ketika baru berusia delapan belas tahun tetapi dia kemudian mendapat kehormatan menikahi Nabi Muhammad SAW dan menghubungkan keluarga Al-Khattab dengan keluarga Nabi.

Hafsah dan Aisyah adalah istri termuda dari istri Nabi Muhammad dan keduanya memiliki kepribadian yang sama; mereka adalah wanita yang kuat dan teguh pendirian, dan sebagian besar tampaknya bergaul dengan baik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hafsah bisa membaca dan menulis dan, seperti Aishah, menghafal seluruh Quran. Dia saleh dan cerdas dan akan menghabiskan berjam-jam merenungkan ayat-ayat Alquran.

Hafsah-lah yang mendapat kehormatan besar sebagai penjaga Mushaf pertama yang menjadi miliknya setelah kematian ayahnya. Hafsah menikah dengan Nabi selama delapan tahun, dan setelah kematiannya dia hidup selama tiga puluh empat tahun lagi.

5- Zainab binti Khuzaymah (b.595 – d.624)

Zainab adalah istri pertama Nabi Muhammad yang tidak berasal dari suku Quraisy. Dia meninggal kurang dari satu tahun setelah pernikahannya dan sebagai akibatnya sangat sedikit yang diketahui tentang dia. Sebelum pernikahan ini dia telah mendapatkan gelar Bunda Kaum Miskin karena pekerjaannya dengan orang miskin dan kemurahan hatinya kepada mereka.

Ada beberapa perselisihan tentang berapa kali Zainab menjadi janda sebelum menikah dengan Nabi Muhammad, semoga rahmat dan berkah Allah dilimpahkan kepadanya.

Namun suami terakhirnya meninggal dalam pertempuran dan pernikahannya dengan Nabi Muhammad menjadi preseden bagi orang lain untuk mengikuti. Pria Muslim tidak lagi takut bahwa kematian mereka dalam pertempuran akan berarti kelaparan dan pengabaian bagi keluarga mereka. Menjadi terhormat untuk menikahi para janda almarhum.

6. Umm Salamah binti Abu Umayyah (lahir 596 – meninggal 680 M)

Ummu Salamah menikah dengan Nabi Muhammad pada usia dua puluh sembilan tahun, setelah suami pertamanya meninggal karena luka yang dideritanya saat berperang dalam perang Uhud.

Ummu Salamah dan suaminya adalah bagian dari migrasi ke Abyssinia. Hidupnya dipenuhi dengan contoh kesabaran dalam menghadapi cobaan dan kesengsaraan.

Dia dan suaminya termasuk yang pertama meninggalkan Mekah menuju Madinah ketika dia dipaksa untuk menanggung perpisahan dari suaminya dan penculikan putranya. Saat kematian suaminya, dia berdoa kepada Allah:

“Ya Tuhan, berilah aku pahala atas musibahku dan berilah aku sesuatu yang lebih baik dari itu sebagai balasannya, yang hanya dapat diberikan oleh-Mu, Yang Maha Agung dan Maha Perkasa.”

Pernikahan dengan Nabi Allah menjawab doa itu. Ummu Salamah meriwayatkan lebih dari 300 hadits, banyak di antaranya tentang wanita. Dia menemani Nabi SAW dalam banyak ekspedisinya dan menikah dengannya selama tujuh tahun sampai kematiannya. Ummu Salamah hidup lebih lama dari semua istri lainnya dan meninggal pada usia delapan puluh empat tahun.

7. Juwayriyah binti al-Haarith (b.608 – d.673 M)

Juwayriyah menjadi perhatian Nabi ketika dia ditangkap dalam pertempuran melawan suku Bani Mustaliq. Dia adalah putri berusia 20 tahun dari kepala Bani Mustaliq dan pernikahannya membawa keselarasan antara sukunya dan Muslim.

Ketika Nabi Muhammad SAW menikah dengan Juwayriyah, hal itu memungkinkan suku tersebut untuk masuk Islam dengan terhormat dengan menghilangkan penghinaan dari kekalahan mereka. Segera setelah pernikahan diumumkan, semua rampasan perang yang telah diambil dari Bani Mustaliq dikembalikan, dan semua tawanan dibebaskan.

Juwayriyah menikah dengan Nabi selama enam tahun, dan hidup selama tiga puluh sembilan tahun setelah kematiannya. Dia meninggal pada usia enam puluh lima.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image