Memaksimalkan Qiyamul Layl, Ini 15 Hadits tentang Shalat Malam

Tajug  

Nasehat untuk sahabat tercinta

4. `Ali ra mengatakan, bahwa Nabi SAW mengunjunginya dan [istrinya] Fatimah ra suatu malam dan berkata, “Mengapa kamu tidak menjalankan shalat (di malam hari)?” (Al-Bukhari dan Muslim).

5. Salim ibn `Abdullah ibn `Umar (semoga Allah meridhoi mereka) mengatakan, atas otoritas ayahnya, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Betapa hebatnya `Abdullah! Kalau saja dia bisa melakukan shalat [pilihan] di malam hari.”

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Salim mengatakan bahwa setelah ini, (ayahnya) `Abdullah biasanya tidur sangat sedikit di malam hari. (Al-Bukhari dan Muslim).

6.`Abdullah ibn `Amr ra mengatakan bahwa Nabi SAW berkata kepadanya: “Wahai `Abdullah, jangan seperti fulan! Dia biasa shalat di malam hari, kemudian dia berhenti melakukannya” (HR Bukhari dan Muslim)

Perbuatan Baik Terbaik

7. Abu Hurairah ra mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda, “Sebaik-baik bulan puasa setelah Ramadhan adalah bulan Muharram Allah, dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (Muslim)

Spesial Ramadhan

8. Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda, “Barang siapa yang melakukan Qiyam (sholat malam) di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni.” (Al-Bukhari dan Muslim)

9. Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda, “Barang siapa yang melakukan Qiyam (sholat malam opsional) pada Lailat Al-Qadr (Malam Ketetapan), karena iman dan mengharap pahala Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Al-Bukhari dan Muslim)

Akses Mudah ke Surga

10. `Abdullah ibn Salam ra meriwayatkan, Ketika Nabi SAW tiba untuk pertama kalinya di Madinah, saya pergi dengan semua orang untuk melihatnya. Ketika saya melihatnya, saya tahu wajahnya bukan pembohong. Kata-kata pertama yang dia ucapkan adalah, “Hai manusia, tebarkan salam, beri makan, jaga silaturahmi, dan shalat di malam hari saat manusia sedang tidur. Dengan ini, kamu akan masuk surga dengan damai.” (Ibnu Majah)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image