Memaksimalkan Qiyamul Layl, Ini 15 Hadits tentang Shalat Malam

Tajug  

Bagaimana cara melakukannya

11. Abdullah ibn Umar ra mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda: “Sholat malam harus dilakukan dua per dua, maka jika Anda takut fajar akan datang, buatlah [jumlah rakaat yang Anda lakukan] ganjil dengan shalat satu rakaat [tambahan].” (Al-Bukhari dan Muslim)

12. Abu Hurairah ra mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda: “Jika salah seorang dari kalian bangun di malam hari untuk menunaikan shalat [malam opsional], hendaklah dia memulai shalat dengan dua rakaat pendek.” (Muslim).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Aktivitas keluarga

13. A'isyah mengatakan: Ketika sepuluh malam terakhir Ramadhan masuk, Nabi SAW akan menghidupkan malam dalam ibadah dan membangunkan keluarganya ... (Al-Bukhari dan Muslim)

14. Abu Hurairah ra mengatakan, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Semoga Allah memberikan rahmat kepada laki-laki yang bangun di malam hari dan menunaikan shalat, membangunkan istrinya untuk shalat dan jika dia menolak, dia memercikkan air ke wajahnya (untuk membuatnya bangun).

Semoga Allah menunjukkan rahmat kepada seorang wanita yang bangun di malam hari dan melakukan Shalat, membangunkan suaminya untuk tujuan yang sama; dan jika dia menolak, dia memercikkan air ke wajahnya.” (Abu Daud).

15. Abu Sa`id dan Abu Hurairah ra mengatakan, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila seorang laki-laki membangunkan istrinya di malam hari dan mereka berdua melakukan shalat dua rakaat bersama-sama, mereka dicatat di antara laki-laki dan perempuan yang berdzikir kepada Allah.” (Abu Daud). n

Sumber:

https://aboutislam.net/shariah/hadith/hadith-collections/15-hadiths-optional-night-prayer-qiyam/

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image