Ini 10 Nasihat Bijak Luqman kepada Putranya

Tajug  
.Anak-anak mengaji sore, selain belajar membaca Alquran, juga mempelajari hafalan. - (Wihdan Hidayat / Republika)
.Anak-anak mengaji sore, selain belajar membaca Alquran, juga mempelajari hafalan. - (Wihdan Hidayat / Republika)

Nabi Lukman As adalah orang bijak yang memberikan 10 nasihat kepada putranya. Nasehat yang berlaku sekarang dan dapat diikuti dan digunakan oleh setiap orang tua yang ingin membesarkan anak dalam cahaya Islam.

Dikatakan, bahwa jika semua orang tua menerapkan nasihat Luqman, maka tidak perlu khawatir dengan nasib anak-anak di akhirat. Ini karena mereka, telah ditunjukkan jalan menuju surga.

Dalam beberapa ayat pendek Alquran yang berisi nasihat-nasihat Luqman kepada anaknya adalah kunci sukses dalam hidup ini dan di hari kiamat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut ini 10 nasihat Lukman yang dikutip matapantura.republika.co,id,dari About Islam, Senin (6/6/2022) yakni:

1) " Wahai anakku! Bergabunglah bukan dalam penyembahan orang lain dengan Tuhan. Sesungguhnya! Mengikutsertakan orang lain dalam penyembahan dengan Tuhan memang salah besar." (Al-Qur'an 31:13)

Menurut Aisha Stacey yang bekerja di Pusat Kebudayaan Fanar, Luqman menyebut putranya “anakku”. Bukan dengan nama untuk menekankan ikatan keluarga.

"Dia menarik perhatiannya dan mendorongnya untuk mendengarkan dengan seksama apa yang akan dia katakan. Dia kemudian meminta perhatian putranya pada apa yang paling penting di mata Tuhan," ujarnya.

Orang yang mempersekutukan orang lain dengan Tuhan, katanya, melakukan kesalahan atau ketidakadilan terbesar kepada Pencipta dan Pemelihara alam semesta.

Orang itu juga melakukan kesalahan besar pada dirinya sendiri karena ia menawarkan dirinya pada kemungkinan murka Tuhan dan hukuman abadi.

2). "Dan Kami telah memerintahkan manusia untuk berbakti dan baik kepada orang tuanya ... (Quran 31:14)

Dalam Alquran, Allah menyebutkan hak-hak orang tua dalam kalimat yang sama sebagai aspek terpenting dalam Islam, menyembah Allah saja. Ini menunjukkan, kata Aisha Stacey yang memeluk Islam pada 2002, bahwa bersikap baik kepada orang tua, menghormati dan menghormati mereka, sangat penting dalam cara hidup Islam.

Pada bagian berikutnya dari Surat Luqman, 31:14, Allah menjelaskan kesulitan yang dialami ibu khususnya dalam membesarkan anak-anak mereka dan menuntut agar anak bersyukur kepada orang tuanya. Tuhan mengingatkan kita bahwa kepada-Nyalah kita akan kembali sehingga kesetiaan pertama kita adalah kepada Tuhan saja, diikuti dengan pengabdian dan kebaikan kepada orang tua kita.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image