'Tambi Gede Festival 2022', Unjuk Kekayaan Budaya Masyarakat Tambi

Jogregan  

Bupati Nina besama dengan anak-anak peserta 'Tambi Gede Festival' 2022.
Bupati Nina besama dengan anak-anak peserta 'Tambi Gede Festival' 2022.

Termasuk, dirinya mengapresiasi sejumlah pihak atas terselenggaranya Tambi Gede Festival. “Banyak sekali hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan festival budaya seperti Tambi Gede Festival sebagai upaya melestarikan budaya asli Indramayu," katanya.

"Saya sangat mengapresiasi langkah masyarakat, pemerintah desa dan pemerintah kecamatan karena telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan festival budaya” ujarnya lagi.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat banyak diperoleh manfaat, selain melestarikan budaya acara festival budaya ini juga mampu menjadi magnet untuk membangkitkan perekonomian masyarakat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Manfaat lainnya adalah meningkatkan daya tarik orang lain untuk berkunjung ke indramayu dalam hal ini melakukan wisata religi ke makam buyut tambi.

Ketua Panitia Tambi Gede Festival Hendra Sumiarsa menyampaikan, terlaksananya kegiatan Tambi Gede Festival ini karena atas gagasan dari warga masyarakat Desa Tambi dan sejalan dengan keinginan Bupati Indramayu Nina Agustina yang ingin melestarikan budaya dan adat serta tradisi yang dimiliki dapat menjadi tujuan wisata religi dan budaya.

“Kegiatan Tambi Gede Festival sejatinya lahir dari keinginan kuat masyarakat Tambi yang ingin membumikan budaya, Adat dan seni yang dimiliki," ucapnya.

Dimana, lanjut dia, ide dan keinginan masyarakat sejalan dengan semangat ibu bupati Indramayu yang mempunyai perhatian besar terhadap perkembangan adat, seni dan budaya kabupaten indramayu.

Dalam pelaksanaan Tambi Gede Festival yang dibuka Bupati Nina Agustina ini juga dilaksanakan kegiatan mewarnai topeng yang melibatkan ratusan murid PAUD atau TK sebagai bentuk pengenalan budaya khas Indramayu.

Sebelum meninggalkan tempat kegiatan, Bupati Nina berkesempatan untuk melukis diatas topeng dimana topeng tersebut nantinya akan menjadi kenang-kenangan yang akan dipajang di Kantor desa Tambi.

Selain itu juga terdapat Bazar UMKM khas Kecamatan Sliyeg dan sekitarnya yang banyak dilihat dan dibeli oleh para penonton maupun pengunjung.

Dalam acara ini dilakukan juga pemberian bantuan santunan untuk anak yatim piatu berjumlah 115 orang yang secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Nina Agustina didampingi sejumlah kepala perangkat daerah dan kepala BUMD Indramayu.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image