Pertamina Patra Niaga JBB Raih Dua Penghargaan Internasional Communitas Award 2024

Jogregan  
Program CSR yang dilakukan Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat mendapatkan dua penghargaan internasional. (Dok. Matapantura.republika.co.id)
Program CSR yang dilakukan Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat mendapatkan dua penghargaan internasional. (Dok. Matapantura.republika.co.id)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melalui Fuel Terminal Bandung dan Fuel Terminal Cikampek, meraih penghargaan dalam ajang Communitas Award 2024 yang digelar oleh Association of Marketing and Communication Professionals (AMCP), Amerika Serikat. Penyerahan penghargaan dilakukan secara online.

Pada ajang tersebut, dua program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat menyabet penghargaan dalam kategori Excellence in Corporate Social Responsibility, yakni Program LENTERA JIWA dan NAWACITA. Penghargaan ini menunjukan pengakuan terhadap dampak positif bisnis Pertamina bagi masyarakat dan lingkungan.

Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Eko Kristiawan mengatakan, award yang diterima oleh dua program TJSL tersebut merupakan bentuk penghargaan terhadap praktik bisnis berkelanjutan Pertamina Patra Niaga. Khususnya, dalam program pengembangan masyarakat di sekitar wilayah operasional Regional Jawa Bagian Barat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Penghargaan yang diterima dari Communitas Award oleh kedua program TJSL tersebut merupakan apresiasi terhadap implementasi aspek Environmental, Social, Governance (ESG) yang dijalankan dalam praktik bisnis berkelanjutan sesuai komitmen Pertamina Patra Niaga di wilayah Regional Jawa Bagian Barat,” ujar Eko.

Communitas Award yang diselenggarakan Association of Marketing and Communication Professionals (AMCP), dan berpusat di Texas - Amerika Serikat, merupakan apresiasi di tingkat internasional yang diberikan kepada perusahaan yang menunjukkan kepeduliannya pada komunitas.

Pemenang Communitas Awards dievaluasi berdasarkan tingkat dan efektivitas program, serta kontribusi yang telah diberikan kepada masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dikembangkan.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, program Lentera Jiwa yang memperoleh penghargaan dalam kategori Excellence in Corporate Social Responsibility tersebut merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat yang dijalankan oleh Fuel Terminal Bandung yang berfokus kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sudah pulih agar berdaya.

“Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan berupa rehabilitasi berbasis masyarakat, dimana masyarakat sekitar berperan penting dengan cara menghilangkan stigma negatif serta membantu ODGJ yang sudah pulih memiliki keberfungsian sosialnya dengan mengajak mereka melakukan aktivitas sehari - hari di lingkungannya seperti ikut bertani, berternak, dan berdagang,” paparnya.

Sementara itu, Program Pesona Walahar Creative Destination (NAWACITA) yang juga memperoleh penghargaan dalam kategori Excellence in Corporate Social Responsibility dijalankan oleh Fuel Terminal Cikampek

"Nawacita merupakan program pemberdayaan kreatif pemuda yang berada di Desa Walahar, Karawang. Program ini diinisiasi untuk mendukung kemandirian Masyarakat dalam mengembangkan potensi dan sumber daya lokal melalui pengelolaan wisata Danau Cinta. Program ini juga mendorong pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan melalui dukungan energi terbarukan dengan menggunakan panel surya dan biogas eceng gondok,” ucap Eko.

Pertamina terus berkomitmen mendorong pembangunan berkelanjutan melalui program yang berdampak pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Selain itu, Pertamina juga berfokus pada aspek sosial dan tata kelola yang baik, dengan memastikan operasi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan serta masyarakat sekitar. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image