Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak Terima Kunjungan Delegasi Amerika Surabaya

Jogregan  
Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Perak menerima Kunjungan dari tiga delegasi Amerika. (Dok. Matapantura.republika.co.id)
Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Perak menerima Kunjungan dari tiga delegasi Amerika. (Dok. Matapantura.republika.co.id)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Perak menerima Kunjungan dari tiga delegasi Amerika yang terdiri atas perwakilan dari Defense Institute of International Legal Studies (DIILS), US Coast Guard dan US Navy Retired berserta perwakilan para peserta Legal Maritime Security Capacity Building Engangement yang terdiri dari berbagai instansi di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Mabes TNI, TNI AL, Polairud, Bea Cukai, dan Bakamla.

Kunjungan ini dilaksanakan di atas kapal Negara Patroli KN. Chundamani P.116 yang sandar di Terminal Mirah Tanjung Perak, Surabaya dan disambut oleh Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak yang diwakili oleh Koordinator Tata Usaha Capt. Rusmanu dan Komandan Patroli KN. Chundamani P.116 Capt. Subairi beserta ABK dan jajaran anggota Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak.

Menurut Capt. Rusmanu, kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam bidang kemaritiman terutama tentang keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Hal ini merupakan bentuk komitmen meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di wilayah perairan indonesia dan sebagai langkah mempererat kerjasama di bidang kemaritiman serta untuk bertukar informasi antara pihak Amerika dan para instansi penegakan hukum di bidang maritim di Indonesia,” kata Capt. Rusmanu.

Kunjungan delegasi Amerika dilaksanakan di atas kapal Negara Patroli KN. Chundamani P.116 yang sandar di Terminal Mirah Tanjung Perak, Surabaya. (Dok. Matapantura.republika.co.id) 
Kunjungan delegasi Amerika dilaksanakan di atas kapal Negara Patroli KN. Chundamani P.116 yang sandar di Terminal Mirah Tanjung Perak, Surabaya. (Dok. Matapantura.republika.co.id)

Pihaknya berharap, dengan adanya kunjungan ini ke depan, hubungan kerja sama antara Amerika dengan Indonesia terutama Kementerian Perhubungan dan Personil KPLP dapat terjalin dengan baik dan saling bertukar informasi dan peningkatan SDM sesuai dengan kompetensi khususnya dalam hal menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan maritim di wilayah perairan Indonesia.

Adapun kunjungan ini merupakan yang kesekian kalinya setelah beberapa waktu lalu juga telah dilaksanakan kunjungan antara US. Coast Guard dengan Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak.

Pada kesempatan tersebut, diperkenalkan juga profil Pangkalan PLP Tanjung Perak serta tugas pokok dan fungsi Pangkalan PLP sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 119 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai dan Kewenangan Penjagaan Laut dan Pantai sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan komandan kapal patroli KN. Chundamani P.116 beserta personel Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Delegasi DIILS diwakili oleh Miss Jamie Jones, US. Coast Guard yang diwakili oleh CDR. Steve Oliver dan perwakilan dari US. Navy Retired diwakili oleh Mr. Shane Cooper dan para peserta Legal Maritime Security Capacity Building Engagement. n Agus Yulianto

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image