Bupati Nina : Sungai Bukan Tong Sampah Besar

Jogregan  
Bupati Indramayu, Nina Agustina. (Dok Diskominfo Kabupaten Indramayu)

INDRAMAYU – Sampah menjadi problema terbesar saat ini dalam penanganan lingkungan. Masyarakat diminta untuk memiliki kepedulian agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai.

‘’Sungai selama ini dianggapnya tong sampah besar. Ada kasur, bantal, kursi. Tolong kepada masyarakat, jangan buang sampah sembarangan,’’ tegas Bupati Indramayu, Nina Agustina, saat ditemui di Pendopo Indramayu, beberapa hari yang lalu.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Aep Surahman. Dia pun berharap agar masyarakat memiliki kepedulian dan kesadaran untuk mengurangi sampah yang dibuang ke lingkungan. Caranya, dengan melakukan pemilahan dan pengolahan sampah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

''Kami berharap agar masyarakat jangan membuang sampah sembarangan,'' tukas Aep.

Aep menyebutkan, volume sampah yang dihasilkan masyarakat di Kabupaten Indramayu mencapai 1.100 ton per hari. Namun, akibat keterbatasan armada dan personil, pelayanan dalam penanganan sampah baru di kisaran 60 – 70 persen.

Aep menyebutkan, jumlah armada pengangkut sampah yang ada saat ini baru mencapai 50 unit. Sedangkan dengan luas wilayah Kabupaten Indramayu yang mencapai 31 kecamatan, idealnya jumlah armada mencapai 150 unit.

Tak hanya itu, jumlah tempat pembuangan akhir sampah (TPA) di Kabupaten Indramayu juga baru ada tiga. Yakni, TPA Pecuk, TPA Kertawinangun dan TPA Gantar. Semestinya, Kabupaten Indramayu membutuhkan empat TPA.

Dengan segala keterbatasan itu, Aep berharap agar masyarakat memiliki kepedulian dan kesadaran untuk mengurangi sampah yang dibuang ke lingkungan. Caranya, dengan melakukan pemilahan dan pengolahan sampah. N lilis sri handayani

Berita Terkait

Image

Di Tengah Mayoritas Jawa, Lima Desa di Indramayu Setia Berbahasa Sunda

Image

Di Indramayu Pernah Berdiri Kerajaan Manukrawa, Sejarah atau Legenda?

Image

Jaringan, Cara Jejaka dan Gadis Pantura Indramayu Cari Jodoh di Malam Purnama

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image