Bupati Nina Bakal Unjuk Kegarangan #039Topeng Kelana#039 di Hadapan Jokowi

Jogregan  
Bupati Indramayu, Nina Agustina, sedang giat berlatih tari topeng, yang akan ditampilkannya pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara. (Dokumentasi)
Bupati Indramayu, Nina Agustina, sedang giat berlatih tari topeng, yang akan ditampilkannya pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara. (Dokumentasi)

INDRAMAYU -- Bupati Indramayu, Nina Agustina, dipastikan tampil di depan Presiden Jokowi, pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara, 9 Pebruari 2022 mendatang. Dalam acara tersebut, dia akan membawakan tari topeng khas Indramayu, 'topeng Kelana'.

Untuk itu, Nina kini tengah rajin berlatih tari topeng. Bersama penari anak-anak yang tergabung dalam Sanggar Tari Topeng Kelana Mimi Rasinah, dia berlatih bersama mereka di Pendopo Indramayu, Jumat (28/1).

Selain membawakan tari topeng, dalam acara puncak peringatan HPN itu Nina juga akan menerima Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Latihan tari topeng ini sudah dua kali dilaksanakan, sebagai persiapan tampil di Anugerah Kebudayaan PWI Pusat dalam rangka peringatan HPN tahun 2022," ujar Nina, akhir pekan ini.

Aerli Rasinah, penerus Sanggar Tari Topeng Kelana Mimi Rasinah, menilai, bupati Indramayu sangat peduli pada kebudayaan Indramayu. Menurutnya, kepedulian bupati terlihat saat latihan Tari Topeng Kelana bersama dengan anak-anak didiknya.

"Ibu bupati sangat peduli dengan kebudayaan Indramayu. Dan kepedulian itu dibuktikan dengan akan diterimanya Anugerah Kebudayaan PWI Pusat dalam rangka memperingati HPN Tahun 2022 di Kendari Sulawesi Tenggara nanti,’’ tandas Aerli

Tari topeng kelana adalah gambaran seseorang yang bertabiat buruk, serakah, penuh amarah dan tidak bisa mengendalikan hawa nafsu, ditandai dengan warna merah dari kedoknya. Tariannya sangat bertenaga dan bersemangat, sehingga lebih disenangi oleh penonton dibanding dengan tari topeng jenis lainnya. n Lilis Sri Handayani, ed: agus yulianto

bupati indramayu nina agustina, presiden jokowi, tari topeng kelana, peringatan hari pers nasional,

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image