Kanker Menjalar ke Tulang Rusuk dan Paru-Paru, Tangan Kanan Ranoka pun Diamputasi

Jogregan  
Ranoka bisa tersenyum pascaoperasi kanker pada tubuhnya. (Dok. Diskominfo Kabupaten Indramayu)
Ranoka bisa tersenyum pascaoperasi kanker pada tubuhnya. (Dok. Diskominfo Kabupaten Indramayu)

INDRARMAYU -- Kanker yang diderita Ranoka (16 tahun) pemuda asal Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, menjalar ke tulang rusuk dan paru-paru. Dampaknya, untuk menghindari kondisi yang lebih buruk, maka tindakan medis berupa amputasi pada tangan kanan Ranoka pun terpaksa harus dilakukan. Selain itu, Ranoka juga masih harus mengikuti kemoterapi demi kesembuhan totalnya.

Kini, Ranoka sudah tersenyum lebar pasca-menjalani operasi tangan kanannya karena kanker di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat. Tindakan operasi itu pun berkat bantuan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar melalui Dinas Kesehatan dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kertawinangun. Ranoka telah dibantu untuk menjalani operasi di RSHS Bandung pada 3 Februari 2022 lalu.

Dikutip dari laman Diskominfo Indramayu, Kamis (17/2/2022), Kepala Puskesmas Kertawinangun, Kecamatan Kandanghaur drg Ruci Afrida Sukmaningrum mengatakan, selama menjalani operasi Ranako didampingi didan Leli. "Kini Ranoka tidak merasa sakit yang begitu luar biasa akibat kanker yang berada ditubuhnya setelah melakukan operasi," ujarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Leli menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter yang menangani Ranoka, kanker yang diderita Ranoka telah menjalar ke tulang rusuk dan paru-paru. Sehingga, kata dia, untuk menghindari hal yang lebih buruk, tangan kanan Ranoka harus diamputasi.

“Alhamdulillah ananda Ranoka sudah menjalani operasi dan sudah bisa tersenyum. Saat ini Ranoka setelah tangan kanannya diamputasi namun tetap harus menjalani kemoterapi," ucap dia.

Keputusan medis ini, kata Leli, karena kanker tangan Ranoka sebelumnya sudah menyebar ke tulang rusuk dan paru-paru. Selain itu, Ranoka juga masih harus mengikuti kemoterapi demi kesembuhan totalnya.

Sementara itu, keceriaan Ranoka terpancar saat menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina yang telah berkunjung di kediamannya dan memberikan bantuan sembako hingga memberikan segala fasilitas untuk menjalani operasi demi kesembuhan tangan kanannya.

Melalui video, Ranoka spontan menyampaikan kepada Bupati Indramayu Nina Agustina semoga dapat diberikan kesuksesan dan kesehatan dalam rangka membangun Indramayu yang lebih baik dari sebelumnya.

“Assalamu’alaikum Ibu Bupati Nina, terima kasih atas kunjungannya dan bantuannya, semoga sehat selalu,” katanya dengan senyum yang begitu ceria.

Kiriman video Ranoka spontan dibalas langsung Bupati Nina Agustina melalui postingan media sosial miliknya yang mengatakan, kesehatan Ranoka harus tetap dijaga untuk bisa menjalankan aktivitas seperti sediakala.

“Semangat ya nang, semoga lekas kembali pulih dan bisa beraktivitas seperti biasa,” kata Nina melalui unggahan di media sosialnya. n

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image